Kompas.com - 05/05/2020, 19:12 WIB

KOMPAS.com -Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 akan tetap dilaksanakan pada tanggal 12 sampai 22 Juli 2020.

"Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 tetap memperhatikan protokol Covid-19 sebagaimana mestinya, dan tetap memperhatikan perkembangan mutakhir eskalasi Pandemi Covid-19," kata Ketua Majelis Rektor Peguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Prof. Jamal Wiwoho dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

UTBK merupakan syarat untuk mengikuti SBMPTN. UTBK 2020 bisa diikuti oleh siswa lulusan sekolah menengah atas/sederajat tahun 2018, 2019, dan 2020 serta lulusan program paket C lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 yang usianya maksimal 25 tahun.

Melansir laman resmi LTMPT, di tahun ini tes UTBK hanya berupa Tes Potensi Skolastik (TPS).

Baca juga: Kemdikbud Ingatkan Jadwal Baru UTBK dan SBMPTN 2020

Kelompok Ujian pada UTBK pun hanya terbagi menjadi 2 (dua) kelompok, yakni kelompok ujian Saintek dan Soshum, dari yang sebelumnya ada kelompok ujian campuran.

Hal tersebut turut memengaruhi biaya UTBK, dari yang sebelumnya Rp 200.000 menjadi Rp 175.000.

Biaya UTBK dapat dibayarkan melalui channel ATM, SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking maupun ATM Bersama Bank Mandiri, BNI, atau BTN.

Dikutip dari Antara, UTBK 2020 akan dilaksanakan empat sesi per hari. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan bersamaan. Peserta yang mengikuti UTBK dan SBMPTN harus memilih lokasi tes pusat UTBK, program studi, dan perguruan tinggi yang dipilih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.