Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2020, 18:12 WIB

KOMPAS.com - Kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dari Pemerintah membuat intensitas keluarga untuk saling bertemu dan berkumpul justru semakin tinggi. Anak belajar di rumah, demikian pula ayah dan ibu bekerja dari rumah.

Namun kondisi ini justru memunculkan sisi lain yang perlu mendapat perhatian khusus.

Data yang dihimpun oleh SIMFONI PPA per tanggal 2 Maret-25 April 2020 menyebutkan, terdapat 368 kasus kekerasan yang dialami anak, dengan korban sebanyak 407 anak (300 anak perempuan dan 107 anak laki-laki).

Kebijakan belajar di rumah menjadi tantangan tersendiri bagi anak-anak. Survei Kemen PPPA kepada 717 anak-anak di 29 Provinsi menyatakan 58,4 persen anak-anak tidak menyukai belajar dari rumah.

Sebelumnya (13/4/2020), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menerima 213 pengaduan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama kurun waktu tiga minggu, terhitung sejak 16 Maret hingga 9 April 2020.

Dari jumlah itu, mayoritas pengaduan terkait dengan beratnya penugasan yang diberikan guru kepada siswa.

Realitas ini menunjukan bahwa masa karantina, menyimpan "bahaya tersembunyi" jika keluarga tidak memperhatikan hal ini. Termasuk juga di masa Ramadhan yang saat ini kita jalani.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom) on May 5, 2020 at 2:43am PDT

Terkait hal itu, Kompas.com menggelar sesi parenting keluarga yang akan menghadirkan Najelaa Shihab, pemerhati pendidikan dan founder platform "Keluarga Kita" untuk membahas tema ini melalui live streaming Instagram @Kompas.com.

Kompas.com bersama dengan Najelaa Shibab, pengagas "Keluarga Kita", akan mengangkat tema "Strategi Dampingi Anak di Masa Pandemi dan Ramadhan" mulai pukul 11.00 WIB.

Platform Keluarga Kita sendiri hadir didasarkan pada nilai bahwa setiap anggota keluarga perlu terus belajar.

Sejak mulai bergerak di tahun 2012, "Keluarga Kita" telah melibatkan ratusan relawan yang menyelenggarakan ribuan kelas dan menyebarkan jutaan materi topik pengasuhan ke penjuru Nusantara.

 

So, Ayah dan Bunda, jangan sampai ketinggalan untuk mengikuti sesi parenting live streaming ini...

Selain menghadirkan seri live streaming parenting, KG Media juga menghadirkan beragam artikel agar keluarga Indonesia tetap teredukasi dari rumah melalui laman www.terhubungdarirumah.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+