KILAS

Nadiem: Banyak Hikmah dari Krisis Covid-19 untuk Dunia Pendidikan

Kompas.com - 03/05/2020, 08:00 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim. Dok. KemendikbudMendikbud Nadiem Makarim.

KOMPAS.com – Dunia, termasuk Indonesia saat ini tengah melalui krisis akibat coronavirus disease 2019 (Covid-19) yang memakan banyak korban.

Meski demikian, ada banyak hikmah dan pembelajaran yang bisa diterapkan dari pandemi itu untuk saat ini dan seterusnya.

Pernyataan itu merupakan bagian dari pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim saat menjadi pembina upacara melalui video telekonferensi pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Upacara itu digelar di Halaman Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Sabtu (2/5/2020) secara terpusat, terbatas, dan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Baca juga: Mendikbud Nadiem dan Najwa Shihab Diskusi di Hardiknas 2020, Ini Isinya

Peringatan Hardiknas 2020 sendiri mengangkat tema Belajar dari Covid-19. Menurut Nadiem, hikmah pandemi Covid-19 akan sangat bermanfaat bagi para guru dan orangtua siswa.

“Untuk pertama kalinya, guru-guru melakukan pembelajaran secara online menggunakan tools atau perangkat baru dan menyadari bahwa sebenarnya pembelajaran bisa terjadi di mana pun,” ujar dia dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, bagi orangtua, mereka akan menyadari betapa sulitnya tugas guru dan tantangan untuk bisa mengajar anak secara efektif.

“Kemudian menimbulkan empati kepada guru yang tadinya mungkin belum ada,” sambung Nadiem.

Baca juga: Pidato Lengkap Hardiknas 2020 Mendikbud Nadiem Makarim

Hal itu pun, lanjut Mendikbud, membuat semua pihak menyadari bahwa pendidikan bukan hanya sesuatu yang bisa dilakukan di sekolah.

“Pendidikan yang efektif itu membutuhkan kolaborasi dari guru, siswa, dan orangtua. Tanpa kolaborasi itu, pendidikan yang efektif tidak mungkin terjadi,” ujar Nadiem.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X