Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud Nadiem Pimpin Upacara Hardiknas 2020 lewat Video Telekonferensi

Kompas.com - 02/05/2020, 09:21 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengikuti upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020 secara virtual di akun YouTube, Sabtu (2/5/2020) pagi. Nadiem mengikuti upacara secara terpisah melalui telekonferensi.

Nadiem mengikuti upacara dengan latar belakang video bertuliskan "Hari Pendidikan Nasional" 2020 dan "Belajar dari Covid-19". Ia terlihat menggunakan batik berwarna biru.

Adapun upacara peringatan Hardiknas 2020 diselenggarakan di halaman Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Upacara digelar secara terbatas.

Peserta upacara terlihat berdiri dengan jarak sekitar dua meter. Peserta mengenakan masker dan sarung tangan medis.

"Laksanakan," kata Nadiem saat menerima laporan awal dari pemimpin upacara.

Penghormatan kepada Nadiem sebagai pembina upacara juga dilakukan secara terpisah. Pemimpin upacara berteriak di lapangan Kemendikbud, sedangkan Nadiem berada di tempat terpisah.

Nadiem juga memimpin untuk mengheningkan cipta.

"Untuk mengenang pahlawan pendidikan, marilah kita menundukkan kepala sejenak. Mengheningkan cipta, dimulai," kata Nadiem.

Suasana pengibaran bendera Merah Putih dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020 di halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Sabtu (2/5/2020) pagi.Youtube Kemendikbud Suasana pengibaran bendera Merah Putih dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020 di halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Sabtu (2/5/2020) pagi.

Dalam upacara Hardiknas 2020, ada juga pembacaan penghargaan Satyalancana Karya Satya sesuai Keputusan Presiden.

Satyalancana Karya Satya merupakan sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah berbakti selama 10, 20, atau lebih dari 30 tahun secara terus-menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetiaan, dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya.

Nadiem juga membacakan sambutan pidato upacara peringatan Sisdiknas melalui video. Ia hanya memberikan kata pengantar agar bisa menyaksikan video.

"Saat ini kita sedang melalui krisis Covid-19. Krisis yang memakan begitu banyak nyawa. Krisis yang menjadi tantangan luar biasa bagi negara kita dan seluruh dunia. Tetapi, dari krisis ini kita mendapatkan banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang bisa kita terapkan saat ini dan setelahnya,” kata Nadiem dalam video sambutan.

Upacara peringatan Hardiknas 2020 berlangsung sekitar 30 menit. Di akun YouTube, upacara disaksikan netizen dari berbagai daerah, usia, dan lintas pekerjaan dengan jumlah lebih dari 11.000 netizen.

Kehadiran Nadiem secara terpisah dari upacara di halaman Kemendikbud juga disoroti oleh sejumlah netizen lewat komentar. Ada beberapa netizen yang bertanya mengenai keberadaan Nadiem.

"Menterinya ke mana? Online juga upacaranya?"

"Pak Menteri dari rumah ya?"

Pihak Humas Kemendikbud mengonfirmasi, Nadiem mengikuti upacara dari kediamannya. Lokasi persis keberadaan Nadiem belum dijelaskan lebih lanjut.

Upacara peringatan ditutup dengan pemutaran lagu-lagu seperti "Tanah Air" dan "Rumah Kita (God Bless)".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com