Begini Cara Mahasiswa UI Edukasi Waspada Corona ke Lingkungan Sekitar

Kompas.com - 28/04/2020, 19:57 WIB
Danty menjelaskan info pencegahan Covid-19 pada budenya. DOK.Laman UIDanty menjelaskan info pencegahan Covid-19 pada budenya.
|

KOMPAS.com - Mahasiswi Program Studi Okupasi Terapi, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia ( UI), Aurellia Novanda Rahmadanty jadi satu diantara 15 ribu mahasiswa relawan kemanusiaan melawan Covid-19.

Relawan yang diinisasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemdikbud) RI ini terlibat pada Program Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) Rumah Bahasa.

Tugasnya ialah memberikan edukasi kepada lingkungan sekitar tentang bahaya virus corona dan cara pencegahannya.

Baca juga: UI Peringkat 47 Kampus Terbaik Dunia Versi THE Impact Rankings 2020

Ketika ikut program itu, Danty, sapaan akrabnya tersebut diminta mengedukasi masyarakat yang dimulai dari komunitas terkecil yaitu rumah dan tetangga.

Pendampingan secara daring

Relawan mahasiswa yang diterjunkan ini akan melakukan program-program preventif dan promotif melalui KIE kepada masyarakat terkait Covid-19.

Tak hanya itu saja, tugas dari Danty ialah melakukan pendampingan secara daring (melalui aplikasi WhatsApp atau aplikasi lain).

Tapi jika mendesak, dia dapat membantu melakukan contact tracing (tanpa bertemu pasien) dibawah supervisi case manager di tiap wilayah.

Ini karena para relawan telah dibekali pelatihan yang difasilitasi oleh Kemendikbud, WHO, Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI), dan Kementerian Kesehatan RI.

Menurut dia, edukasi yang diberikan oleh orang terdekat akan lebih efektif karena jauh lebih dipercaya dan didengar oleh lingkungannya.

Selain itu, Danty selaku relawan juga memantau perubahan perilaku lingkungan setelah diberikan edukasi. Selama program ini, Danty telah mengedukasi tante, om, kakak sepupu, dan juga asisten rumah tangga yang tinggal bersamanya di Bekasi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X