Kompas.com - 22/04/2020, 16:10 WIB

KOMPAS.com - Penetapan pembatasan sosial hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat aktivitas sekolah, kuliah dan bekerja dilakukan dari rumah.

Dalam proses Work From Home (WFH) atau School From Home (SFH), rapat (meeting) atau kuliah daring (online) menjadi salah satu aktivitas yang kini sangat wajar dilakukan.

Namun, tak sedikit orang yang merasa tak nyaman dengan background video yang menampilkan keadaan rumah. Sehingga, sering kali membuat repot untuk memilih lokasi yang tepat untuk konferensi daring.

Memahami kondisi ini, Dosen Teknik Komputer Sekolah Vokasi IPB University Walidatush Sholihah berbagi ilmu bagaimana cara mengubah latar belakang (background) virtual sesuai keinginan.

Baca juga: Berkebaya dan Naik Motor Listrik, Srikandi UBL Bagi-bagi Masker Gratis

Untuk mengubah background, adapun langkah langkah yang bisa dilakukan adalah instal ChromaCam.

“ChromaCam merupakan salah satu aplikasi green screening yang bisa digunakan. ChromaCam tersedia pada chromacam.me dan aplikasi ini bisa diunduh baik secara gratis maupun berbayar. Namun untuk versi gratis, ada kekurangan yaitu tidak dapat membuat custom background,” tutur Walidatush dalam laman resmi IPB, Selasa (21/4/2020).

Aplikasi Google Meet dan Webex, lanjutnya, banyak digunakan untuk kegiatan rapat, mengajar dan lainnya, yang memerlukan tatap muka secara virtual.

Baca juga: Pakar UGM Prediksi Optimis Penyebaran Covid-19 Berakhir 29 Mei 2020

Bila menggunakan Google Meet, setelah "join" atau "start meeting", atur video dan pilih kamera ChromaCam. Setelah muncul jendela ChromaCam, pilih background.

Demikian pula untuk aplikasi Webex, langkah-langkahnya adalah buka aplikasi Webex. Sign in dengan akun pribadi, joint meeting, atur kamera dengan pilih ChromaCam dan pilih background.

Maka akan muncul background pilihan tanpa perlu khawatir kondisi rumah terlihat kala kuliah atau rapat daring. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.