Kompas.com - 22/04/2020, 10:51 WIB
Rangkuman Materi TVRI: Sejarah dan Budaya Maluku Dok. KOMPAS.com/AYUNDA PININTA KASIHRangkuman Materi TVRI: Sejarah dan Budaya Maluku

KOMPAS.com - Hari ini, Rabu (22/4/2020), program Belajar dari Rumah di TVRI pukul 09.00 - 09.30 menayangkan tema "Sejarah dan Budaya Maluku" untuk siswa Sekolah Dasar (SD) Kelas 4-6.

Sejarah dan Budaya Maluku yang dibahas ialah Rempah Buah Pala, Tarian Soya Soya, dan lagu Rasa Sayange yang merupakan beberapa tradisi masyarakat Maluku Utara.

Berikut rangkuman tayangan dan soal Sejarah dan Budaya Maluku:

1. Banda Neira, Surga di Timur Nusantara

Kepulauan Banda telah lama dianggap sebagai surga Nusantara karena menjadi pulau penghasil rempah pala terbesar dan terbaik dunia.

Sejak abad ke-13, pala telah dibudidayakan oleh masyarakat Banda. Kemajuan perdagangan pala pada abad ke-15, membuat Banda semakin ramai dikunjungi orang asing. Menguatkan Banda sebagai pelabuhan rempah yang ramai.

Ada banyak manfaat yang dihasilkan buah pala. Daging buah pala bisa dibuat sebagai sirup. Sedangkan kulitnya dapat dibuat parfum dan bijinya digunakan untuk obat-obatan, bumbu masak, kosmetik, dan minyak atsiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Agar Anak Kompeten, Najelaa: Beri Anak Umpan Balik, Bukan Nilai

Bahkan, sejak abad ke-9, di Mesir dan India pala digunakan sebagai pengawet jazad. Beragam manfaat itulah yang membuat bangsa Eropa berbondong-bondong datang di abad ke-16. Kala itu, harga pala di pasar Eropa sangat mahal.

Kini, pala dapat didapatkan dengan mudah di Indonesia. Pala paling sering digunakan untuk bumbu dapur, sirup, manisan, hingga minyak gosok.

Pertanyaan akhir segmen: Bagaimana cara membudidayakan buah pala?

2. Tarian Soya Soya

Pelatih Tari Anjungan TMII Kathy Soleman menjelaskan, tarian Soya Soya adalah tarian yang menceritakan tentang peperangan dan kemarahan masyarakat Maluku Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.