Kompas.com - 20/04/2020, 21:01 WIB
Terinspirasi dari kolaborasi musik para musisi tanah air di tengah pandemi corona, guru-guru di Sekolah Cikal mengajak semua pihak bersemangat menjalankan pembelajaran jarak jauh bagi para guru seluruh indonesia, orang tua dan juga murid-murid untuk tetap berdaya meski belajar dari rumah. Dok. Sekolah CikalTerinspirasi dari kolaborasi musik para musisi tanah air di tengah pandemi corona, guru-guru di Sekolah Cikal mengajak semua pihak bersemangat menjalankan pembelajaran jarak jauh bagi para guru seluruh indonesia, orang tua dan juga murid-murid untuk tetap berdaya meski belajar dari rumah.

KOMPAS.com - Sudah pelaksanaan belajar dari rumah (Home learning) dijalankan sebagai usaha mengendalikan penyebaran virus corona.

Proses belajar dari rumah tentu tak semudah yang dibayangkan. Guru harus terus memperbaharui semangat mengajar, memperbaharui program secara kreatif, dan menguatkan kolaborasi bersama orang tua.

Usaha inovatif dari para guru terus dilakukan seperti di Sekolah Cikal. Salah satunya yaitu membangkitkan semangat belajar dari rumah melalui konser musik #SekolahLawanCorona.

Kolaborasi Seadanya, Penyemangat Semuanya

Terinspirasi dari kolaborasi musik para musisi tanah air di tengah pandemi corona, guru-guru di Sekolah Cikal mengajak semua pihak bersemangat menjalankan pembelajaran jarak jauh bagi para guru seluruh indonesia, orang tua dan juga murid-murid untuk tetap berdaya meski belajar dari rumah.

“Kami terinspirasi oleh berbagai kolaborasi musik yang sekarang sedang terjadi di sosial media, kami berharap lagu ini jadi sound track komunitas sekolah yaitu guru, murid dan orang-tua, mengingat ini sangat terkait dengan kondisi saat ini, tentunya bisa menjadi semangat bahwa kita bisa lawan corona.” ujar Pima Aditya, selaku pengembang teknologi pembelajaran di Sekolah Cikal dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Kolaborasi musik #SekolahLawanCorona yang dibawakan oleh 12 guru dari Sekolah Cikal ditampilkan secara langsung pada saat diluncurkan di hadapan seluruh komunitas Cikal melalui media Zoom dan dipublikasikan di Youtube.

Pima, selaku sutradara video #SekolahLawanCorona, memaparkan pula bahwa dalam menginisiasi video musik tersebut dua belas guru yang terlibat memegang peranan.

Baca juga: Cerita Guru Sekolah Cikal Terapkan Pembelajaran Daring Penuh Antusias

 

Untuk aransemen musik dan lirik dilakukan oleh Dadi Yudistira, penata gerak oleh Daniel S Pambudi, untuk manajemen suara oleh Aria Negara, dan yang lainnya (Ira Qadariah, Natalie, Rendra Purnama, Kaifa Untsa, Nahlia Rianto, Rini Anggraini, Patricia Catherine Agla, Elia Yovan Chandra) menjadi pengisi suara dalam video musik #SekolahLawanCorona.

Sebagai penggubah lirik, Dadi Yudistira menyatakan bahwa pembuatan video ini merupakan kolaborasi sederhana dengan fasilitas sederhana, tetapi tetap dibarengi dengan niat baik di dalamnya.

“Kolaborasi berjalan dengan baik walau dengan fasilitas seadanya, dengan niat menghibur dikala kondisi pandemik. Semoga dapat menjadi penyemangat dan good vibes bagi kita semua.” ujar Dadi Yudistira, selaku guru Visual Art Sekolah Cikal Cilandak.

Setiap Pihak Berperan Melawan Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.