Kompas.com - 20/04/2020, 13:51 WIB
Tampilan laman Kartu Prakerja untuk pendaftaran dan login Tampilan laman Kartu Prakerja untuk pendaftaran dan login

KOMPAS.com - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang II resmi dibuka hari ini, Senin (20/4/2020), dan menawarkan sejumlah manfaat. Hingga akhir tahun nanti, pemerintah telah merencanakan akan membuka 30 gelombang pendaftaran.

Pendaftaran gelombang kedua Kartu Prakerja akan ditutup pada Kamis depan, 23 April 2020 pukul 16.00 WIB. Selanjutnya, pendaftaran akan dibuka kembali hingga mencapai target yang telah ditentukan.

Jenis pelatihan yang tersedia dalam program Kartu Prakerja sebanyak 2.055 pelatihan dari 198 lembaga melalui 8 platform mitra Kartu Prakerja.

Pelatihan bisa diakses melalui daring (online) di 8 platform, yakni Tokopedia, Skill Academy by Ruang Guru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Kemnaker, dan Pijar Mahir.

Baca juga: Ragam Pelatihan Kartu Prakerja, Ada Banyak Kiat Buka Bisnis Rumahan

Kartu Prakerja tidak hanya bisa diikuti oleh "fresh graduate" atau mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga para buruh, karyawan dan pegawai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Singkatnya, semua warga bangsa yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar dan berkesempatan mendapat pelatihan.

Insentif pasca-pelatihan

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Purbasari, mengatakan setiap peserta nantinya akan mendapatkan uang insentif sebesar Rp 3.550.000 yang dikirimkan bertahap selama empat bulan.

Insentif tersebut terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000, insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per survei untuk tiga kali survei atau total Rp 150.000 per peserta.

Baca juga: 7 Manfaat Pelatihan Kartu Prakerja, Sertifikat hingga Insentif Bulanan

“Program Kartu Prakerja akan menyasar sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020, dengan besaran bantuan pelatihan dan insentif yang diterima oleh masing-masing peserta sebesar Rp 3.550.000," jelas Denni seperti dilansir Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Insentif akan disalurkan melalui rekening e-wallet atau rekening bank peserta yang telah didaftarkan di akun Prakerja.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.