Sebulan Terakhir, Telkomsel: Mahasiswa Lebih Banyak Akses Netflix daripada Aplikasi Belajar

Kompas.com - 17/04/2020, 09:00 WIB
Teknis pelaksanaan kuliah online dilakukan dengan menyediakan materi perkuliahan dengan cara diunggah ke dalam satu website. Di situs itu semua mahasiswa berhak mengunduh materi bahan kuliah. www.shutterstock.comTeknis pelaksanaan kuliah online dilakukan dengan menyediakan materi perkuliahan dengan cara diunggah ke dalam satu website. Di situs itu semua mahasiswa berhak mengunduh materi bahan kuliah.

KOMPAS.com - Telkomsel mencatat mahasiswa lebih banyak menggunakan kuota internet untuk menonton Netflix dibandingkan mengakses aplikasi pembelajaran daring selama masa pandemi corona.

Hal itu disampaikan oleh Komisaris Independen PT Telkom Indonesia, Marsudi Wahyu Kisworo dalam telekonferensi (16/4).

"Dari statistik trafik kami satu bulan ini, mahasiswa itu lebih banyak nonton Netflix bukan pembelajaran," kata Marsudi.

Ia menyayangkan banyak mahasiswa yang memanfaatkan kuota internet untuk mengakses aplikasi hiburan dibandingkan aplikasi pembelajaran. Padahal, pihak Telkomsel saat ini telah bekerjasama dengan sejumlah penyedia pembelajaran online.

Menurutnya, pihak kampus mesti lebih jeli dalam memberikan subsidi kuota internet gratis kepada mahasiswa. Pihak kampus mesti memastikan penggunaan kuota gratis agar benar-benar digunakan untuk kepentingan pembelajaran.

"Telkom sendiri melakukan kerjasama dengan masing-masing yang memiliki e-learning sehingga kalau dipakai untuk pembelajaran sehingga tidak mubazir," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 23.000 Mahasiswa UGM Ikuti Kuliah Online, Kendalanya Kuota Internet

Sebelumnya, pemerintah didorong untuk memberikan kuota internet gratis untuk mahasiswa demi mendukung pembelajaran jarak jauh. Hal itu didasari oleh kemampuan masing-masing kampus yang berbeda secara finansial dalam mendukung proses pembelajaran jarak jauh.

Kuota internet sendiri merupakan salah satu hambatan dalam proses pembelajaran jarah jauh di masa pandemi corona. Mahasiswa mengeluhkan borosnya kuota internet saat melakukan pembelajaran jarak jauh.

***

Catatan Redaksi: Terdapat kesalahan penulisan judul "Netlfix" dan telah diperbaiki. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terima kasih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.