Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 15 Pejabat Baru di Tim Mendikbud Nadiem Makarim

Kompas.com - 16/04/2020, 17:45 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ainun Na'im melantik Rektor Universitas Bangka Belitung, Ketua Lembaga Layanan Dikti, tiga Pejabat Fungsional Ahli Utama, dan 10 Pejabat Tinggi Pratama di Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Pelantikan dilakukan melalui telekonferensi dengan memerhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah di masa pandemi virus corona.

Kepada para pejabat yang baru dilantik, Sesjen Kemendikbud meminta untuk segera melakukan koordinasi internal dan penyesuaian tugas agar sejalan dengan program-program penanganan pandemi virus corona sehingga program kerja kementerian tetap berjalan dengan baik.

"Saya berpesan kepada para pejabat yang dilantik untuk segera berkoordinasi melaksanakan beberapa hal terkait perubahan rencana kerja dan anggaran dengan tetap mengutamakan layanan pendidikan dan kebudayaan," kata Sesjen Ainun Na'im saat dalam sambutan pelantikan yang disiarkan secara langsung melalui telekonferensi dan kanal YouTube Kemendikbud dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ainun Naim melantik Rektor Universitas Bangka Belitung, Ketua Lembaga Layanan Dikti, tiga Pejabat Fungsional Ahli Utama, dan 10 Pejabat Tinggi Pratama di Jakarta, Kamis (16/4/2020). Pelantikan dilakukan melalui telekonferensi dengan memerhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah di masa pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).Dok. Kemendikbud Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ainun Naim melantik Rektor Universitas Bangka Belitung, Ketua Lembaga Layanan Dikti, tiga Pejabat Fungsional Ahli Utama, dan 10 Pejabat Tinggi Pratama di Jakarta, Kamis (16/4/2020). Pelantikan dilakukan melalui telekonferensi dengan memerhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah di masa pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Lebih lanjut Ainun mengatakan, Kemendikbud telah melaksanakan reorganisasi untuk menjawab tantangan ke depan. Pelantikan ini merupakan rangkaian dari proses tersebut. Dimulai dari bergabungnya kembali fungsi pendidikan tinggi dan adanya beberapa pusat seperti Pusat Pengembangan Karakter dan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan.

"Dalam pelantikan kali ini kita juga saksikan ada beberapa pejabat yang berasal dari kementerian atau lembaga lain. Dengan adanya rotasi ini kita harapkan layanan pendidikan dan kebudayaan semakin baik dan lebih produktif. Semoga kita bisa bersama melakukan penyesuaian, sinergi, dan saling melengkapi untuk meningkatkan layanan publik dan birokrasi yang menjadi amanah kita,” harap Ainun Na'im.

Berikut nama-nama pejabat yang dilantik dan menjadi tim yang membantu tugas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

  1. Harris Iskandar, Widyaprada Ahli Utama
  2. Gogot Suharwoto Pengembang Teknologi Pendidikan Ahli Utama
  3. Sri Renani Pantjastuti, Widyaprada Ahli Utama
  4. Ibrahim, Rektor Unversitas Bangka Belitung periode 2020 - 2024
  5. Agus Setiabudi, Kepala LL Dikti Wilayah III Jakarta periode 2020 - 2024
  6. Samsuri, Kepala Biro Perencanaan
  7. Mustangimah, Kepala Biro Organisasi dan Tatalaksana
  8. Evi Mulyani, Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
  9. Amurwani, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan
  10. Hendarman, Kepala Pusat Penguatan Karakter
  11. Abdul Kahar, Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan
  12. Masrul Latief, Inspektur IV
  13. Samsul Hadi, Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Masyarakat Adat
  14. Judi Wahyudin, Direktur Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan
  15. Ade Erlangga Masdiana, Sekretaris LL Dikti Wilayah XV Kupang periode 2020 - 2024

Pejabat Fungsional Widyaprada adalah PNS yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak untuk melaksanakan kegiatan Pemetaan Mutu Pendidikan, Pendampingan Satuan Pendidikan, Pembimbingan Satuan Pendidikan, Supervisi Pendidikan, dan/atau Pengembangan Model penjaminan mutu pendidikan.

"Kita sampaikan selamat kepada Pak Harris dan Bu Renani yang menjadi pejabat pertama di Kemendikbud pada jabatan Widyaprada Ahli Utama, mungkin ini yang pertama ada di Indonesia," ucap Ainun Na'im.

Menutup sambutannya, Sesjen menyampaikan selamat bekerja kepada seluruh pejabat yang dilantik dan mengingatkan kembali untuk patuh pada anjuran pemerintah serta menjalankan protokol kesehatan di manapun berada.

"Marilah kita berdoa semoga kita terhindar dari Covid-19 dan semoga penyebaran Covid-19 terhenti dan wabah ini segera berakhir. Kita harus menjadi bagian dari agen pencegahan penyebaran Covid dengan mengurangi kerja di kantor, stay at home, work from home, dan tidak mudik atau bepergian ke luar kota," kata Ainun Na'im.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com