Kompas.com - 15/04/2020, 07:00 WIB

KOMPAS.com -  Memasuki minggu keempat pelaksanaan belajar dari rumah (Home Learning), banyak sekolah di Jakarta berusaha untuk tetap membuat konten belajar yang inovatif, atau meminta murid mengikuti aplikasi belajar online, demi menjaga semangat dan produktivitas belajar murid-murid.

Sebagai salah satu Sekolah di Jakarta, Sekolah Cikal juga menyelenggarakan program belajar daring yang menyenangkan, dan bermanfaat bagi murid selama di rumah melalui sekolah.mu atau konferensi virtual dengan Zoom atau Google Hangout.

Salah satu program unik yang dilakukan oleh Cikal adalah kolaborasi global. Cikal mengundang pengajar tamu asing dari tiga negara yakni India, Pakistan dan Kuwait, untuk mengajarkan pelajaran Matematika bagi kelas 6 International Baccalaureate Program (IB Program) Sekolah Cikal Setu pada Kamis (9/4).

Belajar dengan Tiga Guru Asing dari Tiga Negara

Ahmad Apriyanto, selaku guru matematika kelas 6 Sekolah Cikal Setu, menjelaskan bahwa terdapat tiga guru dari tiga negara yang diundang oleh Sekolah Cikal, antara lain Joya Lal (India), LaShari Wright (Kuwait), dan Muhammad Asad Ali (Pakistan).

Terkait tema belajar, ia menyatakan bahwa tema yang diangkat adalah penyederhanaan aljabar.

“Kita ingin mengenalkan anak-anak tentang aljabar. Mengingat kita adalah Sekolah berbasis IB, alangkah baiknya kita perkenalkan sejak kelas 6. Kami mengundang guru-guru asing ini untuk berbagi pengetahuan mengenai proses penyederhanaan aljabar (Simplifying Expression),” ujar Apriyanto dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Belajar dari Rumah, Begini Cara Belajar Siswa PAUD Rumah Main Cikal

Murid-murid kelas 6 Sekolah Cikal Setu terlihat sangat antusias dan aktif bertanya dalam proses belajar yang terjadi.

“Anak-anak itu sangat aktif, karena pembawaan dari guru asing ini sangat interaktif.” tambahnya.

Guru sekolah Cikal lainnya, Siti Fatimah juga menceritakan bahwa salah satu guru asing menyatakan sangat senang menjalin kolaborasi dengan Cikal, karena antusiasme murid-murid Cikal sangat tinggi. “Saya sangat kagum dengan murid-murid Cikal, proses belajar ini terasa sangat menyenangkan.” ujar Sifa mengutip pesan tertulis LaShari Wright asal Kuwait.

Online Learning, Sekolah Tanpa Batas

Salah satu program unik yang dilakukan oleh Cikal adalah kolaborasi global. Cikal mengundang pengajar tamu asing dari tiga negara yakni India, Pakistan dan Kuwait, untuk mengajarkan pelajaran Matematika bagi kelas 6 International Baccalaureate Program (IB Program) Sekolah Cikal Setu pada Kamis (9/4).Dok. Cikal Salah satu program unik yang dilakukan oleh Cikal adalah kolaborasi global. Cikal mengundang pengajar tamu asing dari tiga negara yakni India, Pakistan dan Kuwait, untuk mengajarkan pelajaran Matematika bagi kelas 6 International Baccalaureate Program (IB Program) Sekolah Cikal Setu pada Kamis (9/4).

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.