Kompas.com - 14/04/2020, 21:02 WIB
Ilustrasi anak dan ibu bermain. Dok. FWD LifeIlustrasi anak dan ibu bermain.

KOMPAS.com - Work from home (WFH) dan physical distancing (pembatasan jarak dengan orang lain) kini telah menjadi rutinitas baru karena adanya imbauan dari pemerintah untuk memberhentikan seluruh aktivitas perkantoran demi mencegah penyebaran virus COVID-19.

Tidak hanya perkantoran, sekolah dan instansi belajar lainnya juga memberhentikan sementara kegiatan belajar-mengajar tatap muka dan menggantinya dengan belajar di rumah masing-masing.

Perubahan rutinitas ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua yang harus bekerja tetapi di saat yang bersamaan harus menemani bermain dan membantu anak belajar.

Para orang tua pun harus memutar otak untuk mencari aktivitas anak yang menyenangkan dan tetap mengasah kemampuan mereka

Berikut beberapa ide kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak-anak selama di rumah seperti diberikan FWD Life dalam siaran persnya.

1. Buat Sesi Homeschooling jadi Menyenangkan!

Membuat sesi belajar di rumah terkesan susah-susah gampang. Kamu harus mampu meningkatkan konsentrasi anak setaraf dengan di sekolah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Buat ruangan khusus untuk ia belajar, siapkan peralatannya seperti meja, kursi, laptop dan buku-buku dengan baik. Buat anak-anak memanggil Kamu dengan sebutan Ibu atau Bapak, ciptakan jadwal yang sama, buat bel istirahat, dan selingi dengan games seru yang masih berkaitan dengan pembelajaran.

Baca juga: Cegah Vandalisme di Tangerang, Satpol PP Imbau Orangtua Awasi Anak-anak

Tips ini dapat menjadikan mereka terbiasa dengan jadwal yang baru dan mendapatkan suasana yang mirip dengan sekolah. Berikan mereka sesi untuk menelpon teman-teman mereka juga di waktu istirahat.

Laporkan sesi belajar tersebut ke guru dengan cara yang menyenangkan pula, seperti merekamnya di video.

Kamu juga bisa ajak anak membantu di dapur untuk sesi makan siangnya. Jadi, selagi mereka mengerjakan tugas, Kamu dapat mengerjakan pekerjaan seperti biasa.

2. Masak Jajanan Sekolah Bersama

Selama ini kita tidak tahu jajanan seperti apa yang biasa dikonsumsi oleh anak di sekolah. Dengan menghabiskan waktu di rumah, Kamu memiliki keuntungan untuk mengontrol seluruh makanan yang dikonsumsi oleh anak bahkan bisa berhemat karena tidak perlu memberikan uang jajan.

Agar tidak bosan dengan makanan rumah yang itu-itu saja, cobalah berkreasi bersama untuk membuat jajanan sekolah. Kamu bisa membuat Cilung, Telung, Siomay, Bakso, atau yang lainnya dengan bahan-bahan yang lebih sehat.

Kamu juga bisa membuat miniatur kantin di ruang makanmu layaknya kantin di sekolah agar suasana menjadi menyenangkan.

3. Ajak Anak untuk Tetap Piket

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.