Tayangan TVRI "Belajar di Rumah", Ini Harapan Guru dan Kepala Sekolah

Kompas.com - 12/04/2020, 18:49 WIB
Ilustrasi belajar bersama anak ShutterstockIlustrasi belajar bersama anak

KOMPAS.com- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meluncurkan Program " Belajar dari Rumah" lewat TVRI pada Kamis (9/4/2020), di Jakarta.

Program ini merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat pandemi Covid-19.

Harapannya, program ini khususnya dapat membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan pada akses internet, baik karena tantangan ekonomi maupun letak geografis.

Program ini direncanakan dimulai pada Senin, 13 April 2020 dan akan berjalan selama tiga bulan hingga Juli 2020 yang akan disiarkan oleh TVRI.

Beberapa harapan dari kepala sekolah dan juga guru bermunculan terkait terobosan program "Belajar dari Rumah" di TVRI. Beberapa di antaranya datang dari Robingah, Kepala Sekolah SDN di Kendal, Jawa Tengah dan juga Titien Suprihatien, Guru SMPN di Jambi.

Baca juga: Belajar dari Rumah lewat TVRI: Jadi Tuntunan dan Tontonan

Pembelajaran siswa aktif lewat televisi

Robingah, Kepala Sekolah SDN Sukomangli, Kendal, Jawa Tengah menyampaikan pembelajaran model inquiri dan discovery tetap dapat disajikan meskipun hanya lewat TVRI.

"Mengamati dan melakukan percobaan bersama dengan dipandu oleh narasumber di televisi akan membuat peserta didik bisa aktif belajar walau tetap di rumah," ujar Rongah.

Ia menjelaskan pertanyaan-pertanyaan secara produktif, imajinatif, dan terbuka juga perlu dilakukan agar peserta didik dapat mengemukakan jawaban yang mengarah pada proses berpikir tingkat tinggi.

"Selama proses pembelajaran, peserta didik juga perlu diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan peserta didik lain atau narasumber melalui telepon atau videocall sehingga komunikasi tidak hanya berjalan satu arah saja," saran Robingah.

Ia menambahkan, kemudian di akhir pembelajaran dilakukan refleksi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran yang telah diikutinya. 

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X