4 Tips untuk Guru Dampingi Siswa Belajar Bermakna dari Rumah

Kompas.com - 11/04/2020, 10:05 WIB
Kompas.com dan Tanoto Foundation membuat tips dan panduan guru bagi guru mendampingi siswa belajar dari rumah dengan bermakna melalui penerapan pembelajaran aktif. DOK. KOMPAS.comKompas.com dan Tanoto Foundation membuat tips dan panduan guru bagi guru mendampingi siswa belajar dari rumah dengan bermakna melalui penerapan pembelajaran aktif.

KOMPAS.com - Saat wabah Covid-19 mulai menyebar di Indonesia, semua kegiatan yang berkaitan dengan mengumpulkan massa ditiadakan, termasuk kegiatan belajar di sekolah.

Sebagai fasilitator belajar dari rumah, guru punya peran penting untuk ini. Guru wajib memberi pengalaman belajar yang bermakna buat siswa.

Kompas.com dan Tanoto Foundation membuat tips dan panduan guru bagi guru mendampingi siswa belajar dari rumah dengan bermakna melalui penerapan pembelajaran aktif.

Tips belajar seperti ini pernah diperkenalkan oleh Tanoto Foundation dengan unsur "Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi" atau yang dikenal dengan "MIKiR".

Silakan ikuti tips berikut:

1. Mengalami

Ajak anak melakukan kegiatan atau mengamati sesuatu. Enggak rumit kok! Cukup gunakan alat dan bahan yang tersedia di rumah.

Baca juga: 9 Tips Dampingi Anak Belajar di Rumah dari Akademisi IPB University

Ajak siswa eskplorasi lingkungan sekitar rumah seperti mengamati perubahan pada tanaman dalam jangka waktu tertentu. Guru juga bisa ajak siswa mengamati tayangan video di youtube atau televisi, lalu dibahas bersama

Untuk praktik, guru boleh lho menugaskan siswa percobaan membuat hand sanitizer dari bahan-bahan alami yang tersedia di rumah. Bisa juga memanfaatkan laboratorium maya pada aplikasi Rumah Belajar untuk kegiatan praktik lainnya. Selain mudah, cara ini aman dilakukan.

Lalu, boleh juga meminta siswa wawancara dengan keluarga di rumah. Nah, disini guru bisa buat tema khusus. Contohnya, siswa berperan sebagai reporter televisi yang mewawancarai orang tuanya tentang Covid-19 di lingkungan rumahnya.

Cara paling ampuh untuk menstimulasi kegiatan “Mengalami” pada siswa, yaitu dengan memberi tugas lewat pertanyaan-pertanyaan yang produktif, imajinatif, dan terbuka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X