Disdik Solo: Ini Ketentuan Kelulusan dan Kenaikan Kelas Siswa 2020

Kompas.com - 11/04/2020, 09:15 WIB
Ilustrasi siswa SD ShutterstockIlustrasi siswa SD
|

KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kota Surakarta Jawa Tengah kembali mengeluarkan surat edaran (SE). Adapun SE Nomor 420/569 Tahun 2020 isinya tentang evaluasi pelaksanaan belajar dari rumah.

Disamping itu, surat edaran yang ditandatangani Kepala Disdik Solo Etty Retnowati pada 9 April 2020 tersebut juga mengatur tentang penilaian kelulusan atau kenaikan kelas bagi siswa di lingkungan satuan pendidikan Kota Surakarta.

Berdasarkan laporan hasil evaluasi pelaksanaan belajar dari rumah dan Instruksi Walikota atas laporan hasil evaluasi 7 April 2020, maka disampaikan kembali SE yang baru ini, terkait upaya pencegahan virus corona atau Covid-19.

Baca juga: Pembelajaran Daring Siswa Diperpanjang, Ini Imbauan Kepala Disdik Solo

"Untuk pelaksanaan KBM dengan mekanisme belajar dari rumah bagi siswa di lingkungan Kota Surkarta diperpanjang sampai dengan 26 April 2020," tulis Etty dalam SE tersebut.

Sedangkan untuk kelulusan dan kenaikan kelas, berikut ini ketentuannya:

Ketentuan kelulusan

Untuk menentukan kelulusan siswa didasarkan penilaian hasil belajar pada:

1. Kelulusan bagi SD/sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir (kelas 4, kelas 5 dan kelas 6 semester gasal). Nilai semester genap kelas 6 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

2. Kelulusan SMP/sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir (kelas 7, kelas 8 dan kelas 9 semester gasal). Nilai semester genap kelas 9 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

Ketentuan kenaikan kelas

Untuk menentukan kenaikan kelas siswa didasarkan penilaian hasil belajar pada:

1. Kenaikan kelas bagi SD/sederajat ditentukan berdasarkan nilai portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, dan nilai penugasan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X