Kompas.com - 09/04/2020, 07:00 WIB
Salah satu peserta UTBK 2019 Gelombang 1 di Universitas Negeri Yogyakarta (4/5/2019). Dok. Kompas.comSalah satu peserta UTBK 2019 Gelombang 1 di Universitas Negeri Yogyakarta (4/5/2019).

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2020 pada Rabu (8/4/2020) mulai pukul 13.00 WIB.

Sebanyak 96.496 siswa dinyatakan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2020.

"Kita melaksanakan SNMPTN berjalan lancar alhamdulillah walaupun di tengah Covid-19 hari ini dan kita bisa mengumumkan sesuai dengan jadwal. Kami ucapkan selamat atas kelulusan saudara di SNMPTN," kata Ketua LTMPT Mohammad Nasih dalam jumpa pers Pengumuman SNMPTN 2020 secara online.

Ia mengatakan, siswa yang belum diterima di perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN tak perlu berkecil hati. Nasih meminta untuk tetap bersemangat untuk mencoba masuk perguruan tinggi lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

"Ada peluang selanjutnya. Insya Allah ada SBMPTN ada 40 persen. Siapkan diri dan berdoa," katanya.

Baca juga: Peringkat 15 Kota Paling Banyak Loloskan Siswa di SNMPTN 2020

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

SBMPTN adalah salah satu jalur masuk perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh setiap PTN yang berada dikoordinasikan oleh LTMPT. Daya tampung mahasiswa baru via jalur SBMPTN adalah minimum 40 persen dari kuota daya tampung setiap program studi (prodi) di setiap PTN.

SBMPTN mengujikan materi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau tambahan kriteria lainnya. Biaya ujian ditanggung bersama oleh peserta dan disubsidi pemerintah.

Bila dibandingkan dengan SNMPTN, kesempatan untuk masuk ke prodi lewat jalur SBMPTN lebih besar. Kuota SNMPTN hanya 20 persen, sementara SBMPTN sebesar 40 persen dari total daya tampung setiap prodi.

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 akan dimulai pada 2 - 20 Juni. Sementara, pelaksanaan UTBK pada 5- 12 Juli 2020 dan diumumkan pada 25 Juli.

Pengumuman SNMPTN dilakukan mulai pukul 13.00 WIB lewat laman resmi LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id/.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.