Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/04/2020, 17:23 WIB
|

KOMPAS.com - Untuk saat ini, kondisi di luar rumah masih belum stabil terkait penyebaran virus corona atau Covid-19. Sehingga masyarakat diimbau pemerintah tidak keluar rumah.

Adanya imbauan untuk melakukan physical distancing membuat banyak orang tidak bisa berbuat sesuatu. Tetapi jangan salah. Di rumah masih bisa sehat jika seseorang mau berolahraga.

Tapi, olahraga seperti apa itu? Dekan Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr. Sapta Kunta, M.Pd menyarankan untuk tetap banyak olahraga.

Baca juga: Ini Saran Akademisi Unhas Terkait Penggunaan Hand Sanitizer dan Disinfektan

Dia mempunyai konsep menarik, yakni dengan konsep FITT atau frekuensi, intensitas, tipe olahraga, dan time (waktu).

"Berolahraga itu bisa dengan banyak model yang dapat kita lakukan. Jadi, intinya adalah berolahraga sesuai dengan konsep yaitu panduannya adalah FITT," ujar Dr. Sapta, seperti dikutip dari laman resmi UNS, Selasa (7/4/2020).

Bagi lansia

Menurut dia, cara yang tepat berolahraga itu dengan melaksanakan olahraga yang sifatnya aerobik dapat dilakukan dari dalam rumah terutama bagi Lanjut Usia (Lansia) yang rentan terinfeksi Covid-19.

"Kami sarankan untuk olahraga yang bisa dilakukan di rumah khususnya untuk para lansia. Untuk olahraga bisa yang bersifat aerobik," katanya lagi.

Untuk aerobik bisa dilakukan dengan:

  • frekuesi 5 kali dalam sepekan
  • dilakukan dengan rentang waktu 15-30 menit saja

Hal-hal yang bersifat aerobik tentu saja yang berhubungan dengan denyut nadi. Ada pun, denyut nadi yang disarankan adalah 60-70 persen dari denyut nadi maksimal.

Denyut nadi maksimal sendiri adalah 220 dikurangi dengan usia masing-masing. Terdapat pula olahraga lain yang disarankan, olahraga dapat memanfaatkan alat seperti sepeda statis, atau bisa juga hanya dengan jalan di tempat, dan juga mencari referensi lain di YouTube yang sifatnya aerobik.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+