Di Rumah Aja, Ada Tawaran Beasiswa Digital Talent dari Kemenkoinfo

Kompas.com - 04/04/2020, 10:00 WIB
Ilustrasi komputer jinjing atau laptop ShutterstockIlustrasi komputer jinjing atau laptop

KOMPAS.com - Buat kamu yang sedang belajar dan dari rumah, ada tawaran beasiswa nih. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) saat ini sedang membuka pendaftaran Program Beasiswa Digital Talent (Digital Talent Scholarship) 2020 untuk masyarakat Indonesia.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing sumber daya manusia Indonesia di bidang. Seluruh proses seleksi dan pelaksanaan pelatihan tidak dikenakan biaya atau gratis.

Program Online Academy (OA) merupakan beasiswa pelatihan dan sertifikasi untuk meningkatkan keterampilan di bidang teknologi informasi. Program Online Academy merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Global Techology Company.

Program OA akan berlangsung secara online/daring atau tidak perlu tatap muka. Peserta mengatur waktu belajar secara mandiri sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Cakupan beasiswa

Penerima beasiswa Digital Talent bisa mengikuti sejumlah pelatihan dengan berbagai tema dan diisi oleh narasumber kompeten. Adapun pelatihan yang tersedia adalah CCNA Cyber Operations Specialist (Cisco), CCNA Network Engineer (Cisco), Containers, Kubernetes, Open Shift (Red Hat), dan Digital Entrepreneurship Kelas IRT (Ibu Rumah Tangga) (Google).

Baca juga: Beasiswa Biaya Kuliah untuk Mahasiswa S1, Hingga Rp 40 Juta Setahun

Pelatihan lainnya yaitu Digital Entrepreneurship Kelas Umum (Google), Digital Marketing for Industry (Asosiasi Digital Marketing Indonesia), HTML, CSS, Javascript (Progate), IT Essentials (Cisco), OpenStack Administration (Red Hat), dan Python (Cisco).

Persyaratan beasiswa

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Memiliki KTP atau Kartu Keluarga
  3. Dibuka untuk masyarakat umum maupun Aparatur Sipil Negara
  4. Khusus bagi yang memilih Tema Pelatihan dari Cisco dan Red Hat, bagi para calon peserta yang sedang bekerja harap dibuktikan dengan Surat Pernyataan Sedang/Pernah Bekerja/ID Card/Surat Tugas
  5. Bagi yang belum bekerja: bisa mendaftar Pelatihan Digital Marketing dan Progate Programming
  6. Bagi yang sedang bekerja/pernah bekerja: bisa mendaftar pelatihan Redhat & Cisco dan Progate Programming
  7. Bagi yang sedang kuliah: bisa mendaftar Google Digital Entrepreneurship
  8. Bagi yang sudah lulus kuliah: bisa mendaftar Pelatihan Digital Marketing
  9. Bagi masyarakat umum: bisa mendaftar Google Digital Entrepreneurship Kelas Umum
  10. Bagi Ibu Rumah Tangga: bisa mendaftar Google Digital Entrepreneurship Kelas Ibu Rumah Tangga

Cara mendaftar

Untuk mendaftar Beasiswa Digital Talent, kamu bisa melakukan pendaftaran secara online melalui website https://digitalent.kominfo.go.id/pelatihan/OA. Kamu bisa memilih tema yang diinginkan, klik Detail, dan selanjutnya klik tulisan Daftar pada pojok kanan bawah halaman.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X