Peneliti UGM Jelaskan Apa Itu Antiseptik dan Disinfektan

Kompas.com - 03/04/2020, 07:10 WIB
Ilustrasi disinfektan shutterstockIlustrasi disinfektan
|

KOMPAS.com - Saat ini, banyak cara dilakukan untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19. Selain rajin cuci tangan pakai sabun di air mengalir, bisa pula dengan memakai hand sanitizer.

Tak hanya itu saja, ada cara lain yang digunakan banyak orang yakni menggunakan antiseptik untuk membasuh tangan dan bagian tubuh, dan disinfektan yang disemprotkan atau diusapkan pada berbagai benda mati yang mungkin terpapar virus.

Bahkan kini muncul fenomena penyemprotan disinfektan secara masif pada berbagai tempat, tak terkecuali langsung kepada manusia. Alasannya untuk membunuh virus yang mungkin menempel pada baju atau badan manusia.

Baca juga: Ini Saran Akademisi Unhas Terkait Penggunaan Hand Sanitizer dan Disinfektan

Tapi, sebelumnya alangkah baiknya jika Anda mengenali terlebih dahulu apa itu antiseptik dan disinfektan.

Merangkum laman resmi Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada ( UGM), berikut ini penjelasan Peneliti Fakultas Farmasi UGM Dr.rer.nat. Raden Rara Endang Lukitaningsih, S.Si., M.Si., Apt. dan timnya mengenai istilah antiseptik dan disinfektan.

Antiseptik

Antiseptik adalah senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan yang hidup seperti pada permukaan kulit dan membran mukosa.

Tujuannya ialah untuk mengurangi kemungkinan infeksi, sepsis atau pembusukan (putrefaction), maka digunakan antiseptik.

Beberapa antiseptik adalah germisida sejati, yang mampu menghancurkan mikroba (bakteriosidal), sementara yang lain bersifat bakteriostatik dan hanya mencegah atau menghambat pertumbuhannya.

Antiseptik sering digunakan misalnya untuk membersihkan luka, mensterilkan tangan sebelum melakukan tindakan yang memerlukan sterilitas (contohnya: povidon iodin, kalium permanganat, hydrogen peroksida, alkohol).

Hand sanitizer pada umumnya adalah mengandung antiseptik, seperti alkohol 60-70 persen. Kadar bahan aktif pada antiseptik jauh lebih rendah daripada disinfektan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X