Pakar UGM Prediksi Optimis Penyebaran Covid-19 Berakhir 29 Mei 2020

Kompas.com - 02/04/2020, 09:57 WIB
Ilustrasi pencegahan dan penularan virus corona, pasie virus corona ShutterstockIlustrasi pencegahan dan penularan virus corona, pasie virus corona

KOMPAS.com - Pakar statistika dan alumni Fakultas Matematika dan Ilmu Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada ( UGM) menyampaikan hasil prediksi optimis terkait penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Merangkum laman resmi UGM, para pakar memprediksi infeksi Covid-19 di tanah air akan berhenti pada akhir Mei 2020.

"Dari hasil analisis pandemi Covid-19 akan berakhir pada 29 Mei 2020 dengan minimal total penderita positif sekitar 6.174 kasus. Dengan intervensi pemerintah, total penderita corona positif minimal di sekitar 6.200 di akhir pandemi pada akhir Mei 2020," papar Guru Besar Statistika UGM Prof.Dr.rer.nat Dedi Rosadi,S.Si., M.Sc., saat konferensi pers secara daring, Rabu (1/4), melansir laman UGM.

Baca juga: Mahasiswa Unpad Berhasil Lulus Ujian Skripsi Online, Seperti Apa?

Prediksi yang diberikan oleh Porf. Dedi dan dan rekan-rekannya ini lebih melegakan dibanding hasil yang di sampaikan oleh beberapa peneliti sebelumnya yang memprediksi kondisi ekstrem mendekati 2.5 juta kasus dan prediksi minimal di akhir pandemi mencapai sekitar 500 ribu kasus.

Porf. Dedi menjelaskan, apabila prediksi menggunakan estimasi yang kurang akurat dan bombastis, justru dikhawatirkan menambah keresahan masyarakat.

Selain itu, juga rawan dimanfaatkan secara kurang bijak oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan.

Permodelan yang digunakan Prof. Dedi dan tim dibuat berdasar pada data nyata atau probabilistik data-driven model (PPDM).

Melalui model tersebut, pakar memperkirakan penambahan maksimal total penderita Covid-19 terjadi pada minggu kedua April 2020, yaitu berkisar antara 7 hingga 11 April 2020.

Baca juga: HarukaEdu Siap Bantu Kampus dan Mahasiswa Jalani Kuliah Online

"Penambahan lebih kurang 740-800 pasien per 4 hari dan diperkirakan akan terus menurun setelahnya," jelas Prof. Dedi yang juga merupakan dosen FMIPA ini.

Berdasarkan data yang ada diperkirakan, pandemi akan berakhir lebih kurang 100 hari setelah 2 Maret 2020 atau sekitar 29 Mei 2020. Adapun maksimum total penderita Covid-19 positif adalah sekitar 6.174 kasus.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber ugm.ac.id
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X