Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toko Sayur Online Milik IPB Layani Pesanan Warga Jabodetabek

Kompas.com - 31/03/2020, 17:30 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kebijakan pembatasan sosial (social dostancing) membuat akses pemenuhan kebutuhan pangan segar kian terbatas.

Padahal, konsumsi buah dan sayur menjadi sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh di tengah penyebaran Covid-19 yang begitu cepat.

Guna menghadirkan solusi bagi masyarakat untuk mendapatkan sayuran segar berkualitas sekaligus meningkatkan akses petani dalam memasarkan produk sayur, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karier Instut Pertanian Bogor (Ditmawa PK-IPB) meluncurkan program One Village One CEO (OVOC).

Program berselogan “Ayo Belanja Sayur dari Rumah” ini merupakan bagian dari kegiatan Desa Sejahtera Astra dan Pengembangan Young Agripreneur yang melibatkan para petani sayur dari 53 desa di Kabupaten Bogor, Sukabumi, Bandung dan Garut.

Baca juga: Cegah Corona, Ini Anjuran Asupan Harian Usia 40-an dari Akademisi IPB

“Kami sangat berharap kegiatan ini bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan sayuran segar bermutu dan membantu petani dalam mendistribusikan hasil panennya. Sehingga pembatasan aktivitas sosial yang sedang diberlakukan saat ini tidak terlalu berpengaruh terhadap akses memperoleh sayuran dan di sisi lain, hasil pertanian petani dapat terdistribusi, sehingga perekonomian petani tetap berjalan,” ujar Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karier IPB University Dr Alim Setiawan, dalam keterangan tertulis di laman resmi IPB, Senin (31/3/2020).

“Ayo Belanja Sayur dari Rumah” melayani permintaan konsumen di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Masyarakat bisa membeli sayur online melalui Tokopedia dengan berkunjung ke toko "Rumah Sayur Bogor dan Cisarua". Program ini juga tengah menjalin kerja sama dengan Lazada.

Selain bekerja sama dengan marketplace atau platform e-commerce, kegiatan “Ayo Belanja Sayur dari Rumah” juga bekerja sama dengan komunitas ibu-ibu rumah tangga berbasis komplek perumahan, di mana mitra kegiatan mengkoordinir belanja sayur melalui media sosial.

Baca juga: Gunakan Sinar UV, Bilik Disinfeksi Karya FT-UI Matikan Virus 10 Detik

Mekanisme lain yang digunakan adalah dengan menjalin kerja sama dengan reseller. Kerja sama yang telah berjalan adalah dengan salah satu koperasi di daerah Cilandak dan Koperasi Dinatera milik Medco Foundation.

Sejauh ini respon masyarakat terhadap kegiatan “Ayo Belanja Sayur dari Rumah” cukup baik, dengan permintaan mencapai total 2.000 paket di hari pertama.

Berdasarkan testimoni konsumen terutama ibu-ibu, mereka merasa sangat terbantu dalam mendapatkan sayuran segar bermutu tinggi. Konsumen berharap, selain sayuran disediakan juga buah-buahan, ikan dan daging, karena akses akan produk-produk tersebut kian terbatas saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com