Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Aktivitas Mahasiswa ITB di Rumah Selain Kuliah Daring

Kompas.com - 28/03/2020, 17:12 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa dilakukan ketika berada di rumah saja. Terlebih bagi para mahasiswa yang juga tengah melaksanakan kuliah daring, tentu di rumah harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Perlu diketahui, hal ini akibat dampak virus corona atau Covid-19 yang kini telah menjangkit di berbagai negara. Karena menjadi pandemik global, maka setiap negara punya kebijakan masing-masing agar masyarakatnya membatasi aktivitas.

Tak terkecuali Indonesia. Pemerintah mengeluarkan kebijakan agar seluruh masyarakat melaksanakan pembatasan aktivitas (social distancing). Presiden Jokowi juga mengimbau agar warga bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah.

Baca juga: 15.000 Relawan Mahasiswa Siap Bergerak, Kemendikbud Siapkan Rp 405 Miliar Atasi Covid-19

Bagi para mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), banyak cara yang bisa dilakukan agar pembelajaran daring bisa maksimal. Selain itu juga melakukan aktivitas yang produktif.

Banyak hal yang bisa dilakukan di rumah masing-masing di tengah wabah Covid-19 ini. Berikut ini adalah rangkuman beberapa kegiatan produktif mahasiswa ITB selama masa perkuliahan secara daring.

Merangkum laman resmi ITB, ini ragam aktivitas mahasiswa ITB yang menarik diikuti selain kuliah daring.

Asah hobi masak makanan sehat

Seperti penuturan mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2017, Riama Maruliana Sianturi. Dia selain belajar dan mengerjakan tugas dari rumah, juga dengan menonton banyak hal yang menambah wawasannya.

"Saya juga semakin memiliki waktu untuk mengasah hobi saya dalam memasak. Memasak makanan seimbang juga bisa menjadi tips untuk mahasiswa agar selalu sehat," ujarnya seperti dikutip dari laman ITB, Jumat (27/3/2020).

Tak hanya itu saja, dia juga selalu berolahraga. Bagi dia, olahraga menjadi penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan kondisi badan tetap bugar.

Christopher Kennard Wibowo, mahasiswa jurusan Teknik Industri Angkatan 2018 menceritakan, selama masa social distancing dan kuliah daring ini, dia juga tetap melakukan aktivitas olahraga dan istirahat cukup.

Ia juga sering menghabiskan waktu senggang di rumah untuk menyempatkan menonton berita, membaca buku-buku, dan mengerjakan beberapa proyek yang dapat dilakukan dari jarak jauh.

Olahraga ringan dan berjemur

Lain cerita dengan Ahmad Ramadhon. Mahasiswa Jurusan Teknik Pertambangan Angkatan 2017 ini mengaku bahwa dirinya sempat kesulitan beradaptasi dengan sistem belajar daring.

Namun secara perlahan, ia mampu menyesuaikan diri dengan gaya mata kuliah secara daring ini. "Sesungguhnya, belajar daring bisa efektif asalkan dosen dan mahasiswa dapat berkomunikasi dengan baik," ujar Ahmad.

Ketika bersosial, dia juga menjadi tidak nyaman karena di menyebut sering bersosial dengan teman-temannya. Tapi akhirnya dia bisa beradaptasi dengan menyibukkan diri dengan memahami pelajaran dan mengerjakan tugas di rumah.

"Tapi, waktu senggang selain belajar dan mengerjakan tugas, kebanyakan saya isi dengan hal-hal yang menjaga kesehatan seperti menjaga pola makan seimbang, berjemur, dan olahraga ringan di rumah," ujarnya lagi.

Ajak sukseskan social distancing

Sedangkan bagi Shafa Amarsya Madyaratri, mahasiswa Jurusan Sistem dan Teknologi Informasi Angkatan 2018 ini mengaku menjadi lebih teliti dalam mengurus kebersihan diri dan tempat tinggal.

Ia juga setuju untuk selalu menjaga kesehatan meskipun olahraga ringan di rumah. "Kuliah daring mengizinkan kita untuk belajar jarak jauh, tapi tetap diperlukan usaha ekstra untuk mengerti beberapa materi," katanya.

Baca juga: Akademisi ITB: Penyembuhan Corona Butuh Penelitian Lanjutan dari Kunyit dan Temulawak

Dari hasil wawancara para mahasiswa ITB tersebut mereka semua mengajak semua pihak untuk bersama-sama menyukseskan social distancing sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 semakin tinggi.

Tentu semua dibutuhkan kesadaran diri untuk ikut serta mendukung program pemerintah dengan beraktivitas di rumah saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com