Penelitian Ilmiah: Koran Aman, Tidak Menyebarkan Virus Corona

Kompas.com - 27/03/2020, 11:52 WIB
Ilustrasi Koran atau Surat Kabar DOK. PIXABAYIlustrasi Koran atau Surat Kabar

KOMPAS.com - Sebuah studi ilmiah menunjukan kekhawatiran masyarakat bahwa surat kabar atau koran dapat menyebarkan virus corona ternyata tidak beralasan. Meski terkait dengan industri cetak dan distribusi luas, koran bersifat aman 

Penelitian ini muncul setelah muncul laporan pembaca di beberapa negara menghentikan pembelian surat kabar karena khawatir menjadi media penyebaran virus corona atau yang dikenal sebagai Covid-19.

Padahal di masa-masa sulit seperti ini, surat kabar masih dijadikan media informasi terkini tentang perkembangan di seluruh negeri dan dunia. Bahkan tidak jarang, koran dijadikan bahan referensi dalam pengambilan kebijakan.

Dilansir dari PuneMiror, India (27/3/2020), Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan resikonya rendah untuk orang terpapar atau tertular dari paket atau kiriman barang komersil dalam berbagai kondisi suhu dan cuaca.

Baca juga: Hasil Konferensi Virtual G-20 Sepakat Solid Atasi Wabah Virus Corona

Surat kabar lebih steril

CEO International News Media Association (INMA) Earl J. Wilkinson menyebutkan berdasarkan hasil studi dan penelitian menegaskan kertas koran aman dari virus corona.

"Belum ada insiden (pasien positif virus corona diakibatkan virus corona) dilaporkan," tegas Earl.

Selain karena proses cetak dan pengepakan yang dilakukan secara otomatis dan melibatkan sedikit tenaga manusia sehingga sangat rendah resiko virus corona dapat tersebar melalui media koran.

Penelitian ilmiah awal tentang penularan virus corona melalui permukaan benda mati menunjukan permukaan berpori memiliki resiko paling rendah dengan kemampuan daya tahan virus yang paling singkat.

"Surat kabar atau koran bahkan lebih steril karena faktor tinta dan proses pencetakan yang dilalui," menurut studi tersebut.

Media cetak dibuat oleh desainer yang hanya mendistribusikan bahan dalam bentuk digital sebelum diteruskan oleh mesin cetak.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X