Kemendikbud Sediakan Akses Gratis Kuliah Online untuk Mahasiswa

Kompas.com - 26/03/2020, 08:00 WIB
Mahasiswi UMN yang kuliah secara online. DOK.UMNMahasiswi UMN yang kuliah secara online.

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) menggandeng provider telekomunikasi menyediakan akses gratis pembelajaran daring bagi mahasiswa.

Hal ini disampaikan plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi ( Dirjen Dikti), Nizam pada kegiatan “Bincang Pagi” dengan awak media secara daring beberapa waktu lalu.

Nizam menjelaskan, saat ini telah terkumpul data platform pembelajaran daring dari berbagai perguruan tinggi.

Untuk itu, beberapa provider seluler seperti Telkomsel dan XL telah bekerja sama dengan Ditjen Dikti untuk memberikan akses gratis melalui IP khusus perguruan tinggi.

IP address platform learning management system sudah kita daftarkan ke provider supaya mahasiswa tidak dikenakan biaya saat mengakses platform pembelajaran daring yang disediakan kampus,” jelas Nizam dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: 23.000 Mahasiswa UGM Ikuti Kuliah Online, Kendalanya Kuota Internet

Nizam menjelaskan bahwa mahasiswa juga bisa mengakses sistem pembelajaran daring atau learning management system yang disediakan kampus lain melalui jejaring Sistem Pembelajaran Daring (Spada).

Hal ini guna mengantisipasi perguruan tinggi yang belum memiliki model pembelajaran daring.

Menurut Nizam, pembelajaran daring juga bisa dilakukan secara sharing dengan perguruan tinggi yang ada di daerah. Bisa dengan melakukan sendiri atau bergabung dengan yang sudah ada.

"Misalnya kita memiliki Universitas Terbuka (UT) yang sudah terbiasa dengan melakukan pembelajaran daring, nanti perguruan tinggi lain juga dapat saling berkolaborasi dan sharing metode pembelajarannya," jelasnya.

Masa Darurat Pandemi Covid-19 memaksa proses penyelenggaraan pendidikan agar dilakukan dengan pendekatan yang tepat, guna menahan laju pertumbuhan wabah.

Sejumlah kampus di Indonesia telah menerapkan pembelajaran jarak jauh atau kuliah online untuk mengantisipasi penyebaran corona di lingkungan kampus. 

Salah satu kendala dalam pembelajaran jarak jauh adalah keterbatasan mahasiswa dalam hal kuota internet.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X