Cegah Corona, Ini Anjuran Asupan Harian Usia 40-an dari Akademisi IPB

Kompas.com - 23/03/2020, 12:39 WIB
Ilustrasi makanan sehat shutterstockIlustrasi makanan sehat

KOMPAS.com - Meningkatkan sistem kekebalan tubuh merupakan salah satu cara untuk memerangi virus dari dalam diri.

Walau upaya social distancing telah dilakukan, virus Covid-19 berpotensi memperparah kondisi tubuh ketika sistem kekebalan tubuh lemah atau tubuh juga mengidap penyakit penyerta.

Dilansir dari New York Times, data yang diambil pada Januari 2020 menyebutkan bahwa mayoritas pasien Covid-19 yang meninggal dunia memiliki penyakit penyerta seperti sirosis hati, hipertensi, diabetes, dan Parkinson.

Pengajar di Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Pertanian Bogor ( IPB) Prof Dr dr Sri Budiarti mengatakan, ketimbang panik baiknya masyarakat fokus untuk jaga pertahanan tubuh.

Baca juga: Jadi Relawan Covid-19, Mahasiswa Dapat SKS dan Insentif Kemendikbud

“Salam Sehat untuk semua. Pesan saya, jangan panik, jaga pertahanan tubuh, hidup bersih, berdoa memohon sehat dan selamat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” tuturnya dalam laman resmi IPB, Senin (23/3/2020).

Ia pun memberikan sejumlah tips bagaimana menjaga stamina tubuh agar tetap sehat.

Prof Sri Budiarti menyampaikan bahwa bahan pangan yang perlu dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh agar tetap fit bersumber dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

Sumber karbohidrat tidak harus nasi tapi bisa yang lain seperti singkong, jagung, ubi, atau talas. Lauk pauk yang berasal dari sumber lemak dan protein hewani maupun nabati harus diperhatikan pemilihan dan cara mengolahnya.

Baiknya hindari dahulu jenis dan pengolahan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah.

Baca juga: Beasiswa S1/S2 University of Bristol, Potongan Uang Kuliah Hingga Rp 367 Juta

Selanjunya, kebutuhan sayur sebagai sumber serat dan mineral dapat dipenuhi dengan menghadirkan aneka sayuran dalam menu harian, seperti wortel, kol, sawi, kacang, buncis dan lain-lain secara bergantian. Pastikan jumlah konsumsi buah dan sayur mencapai 400 gram per hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X