Mahasiswa Butuh Bantuan Finansial? Beasiswa KSE Berikan Tunjangan Bulanan

Kompas.com - 23/03/2020, 12:10 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Bermula dari program Beasiswa 84 di tahun 1995, Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) berupaya membantu para mahasiswa yang mengalami kesulitan di bidang finansial dengan cara memberikan tunjangan bulanan.

KSE yang merupakan organisasi nonprofit memberikan Beasiswa kepada mahasiswa di 30 Perguruan Tinggi Negeri dengan berbagai program beasiswa seperti Reguler, Unggul, Skripsi, Akademi Kewirausahaan, dan Teknologi For Indonesia.

Yayasan KSE percaya bahwa bantuan finansial dapat menurunkan risiko anak putus kuliah, termasuk meningkatkan prestasi akademik di kampus.

Baca juga: Beasiswa S1/S2 University of Bristol, Potongan Uang Kuliah Hingga Rp 367 Juta

Berdasarkan data KSE, sebanyak 85 persen mahasiswa penerima beasiswa berhasil meningkatkan prestasi akademik. Bahkan, sekitar 3 tahun ke belakang, Yayasan KSE memiliki program pembinaan khusus bagi para penerima beasiswa yang memiliki indeks prestasi di bawah 2,00 untuk dapat meningkatkan indeks prestasi minimal menjadi 3,00.

Dengan dukungan Para Donatur dan Alumni KSE, Yayasan KSE berharap dapat memberikan beasiswa kepada 10.000 mahasiswa setiap tahunnya.

Di tahun 2020, Yayasan KSE kembali membuka kesempatan kepada para mahasiswa untuk ikut serta dalam Program Beasiswa Reguler Karya Salemba Empat Tahun Akademik 2020/2021. Pendaftaran dibuka pada 1 April 2020.

Baca juga: Kuliah D3 Gratis Politeknik Milik Kementerian Perindustrian

Cakupan

  • Beasiswa berupa tunjangan pendidikan akan diberikan kepada program studi Strata 1 (S1) yang telah menempuh pendidikan minimal di semester kedua.
  • Para peserta program berkesempatan mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh KSE seperti pembinaan tatap muka, program leadership, seminar, workshop dan coaching.
  • Beasiswa diberikan dalam bentuk tunjangan biaya hidup sebesar Rp.750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per bulannya.
  • Beasiswa diberikan tanpa ikatan kedinasan atau apapun terhadap mahasiswa penerima maupun pihak Kampus.

Persyaratan penerima beasiswa

1. Program Beasiswa diutamakan diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu.

2. Mahasiswa yang bersangkutan belum menikah.

3. Mahasiswa yang bersangkutan tidak sedang menerima beasiswa dari fakultas, universitas, lembaga atau pihak ketiga lain.

Baca juga: Cara Seru Tina Talisa Edukasi Corona dan Pentingnya 14 Hari di Rumah

Pendaftaran

Pembukaan beasiswa tahap registrasi online di jadwalkan dari tanggal 1 - 25 April 2020 (jadwal kampus atau universitas sesuai dengan tanggal registrasi online).

Mahasiswa yang tidak melengkapi data di beasiswa online sampai tanggal 25 April 2020 akan otomatis tidak lolos.

Peserta cukup meng-upload dokumen. Berkas akan diminta, jika pelamar lolos pada tahap seleksi dokumen online.

Info beasiswa, dokumen, kampus yang bekerja sama serta jadwal pendaftaran tiap kampus, dapat dilihat pada tautan https://kse.or.id/info_and_news/information/Pembukaan-Beasiswa-Baru-Tahun-Akademik-2020-2021

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X