Kompas.com - 22/03/2020, 13:34 WIB
Bilik Sikat Corona yang diciptakan mahasiswa FT UB. DOK.UBBilik Sikat Corona yang diciptakan mahasiswa FT UB.
|

KOMPAS.com - Sebagai upaya pencegahan dan penyebaran virus corona atau Covid-19, tujuh mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) membuat inovasi alat sterilisasi manusia dari virus dan kuman.

Alat itu diberi nama SICO atau Sikat Corona. Bentuknya seperti kotak bilik yang dilengkapi satu spray. Spray itu kemudian mengeluarkan cairan antiseptik dari Dinas Kesehatan Kota Malang.

Baca juga: Cegah Virus, Mahasiswa UNY Ciptakan Sabun Cuci Tangan dari Daun Jambu Air

Harus baca SOP

Melansir laman resmi UB, alat buatan 7 mahasiswa yang juga asisten laboratorium proses manufaktur 1 Teknik Mesin Fakultas Teknik UB tersebut diperlukan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam menggunakannya.

Sebab, antiseptik yang digunakan mengandung alkohol dan mudah terbakar. Jadi, nantinya orang yang masuk bilik tersebut harus berhati-hati.

Dalam SOP tersebut juga dijelaskan bahwa orang yang masuk pada bilik SICO dipastikan menyalakan alat melalui tombol on/off di dalam bilik.

Ketika spray otomatis menyala diharuskan orang yang masuk dalam kondisi mata tertutup dan menunduk. Lalu berputar 60 derajat agar cairan antiseptik mengenai seluruh tubuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun ketujuh mahasiswa itu terdiri dari Syahrizal Maulana, Muhammad Arief Hidayat, Rafi Ramaditya, Ferdiansyah Pria Nugroho, Gilang Wisnu Syah Putra, Achmad Alwan Hidayat, dan Vicky Ihz.

"Kami mengimbau kepada semua yang akan menggunakan SICO agar membaca SOP terlebih dahulu," ujar Syahrizal seperti dikutip dari laman UB, Sabtu (21/3/2020).

"Semoga alat SICO ini bisa membantu masyarakat dalam penanganan virus corona agar tidak menyebar luas," katanya lagi.

Alat sederhana mudah dibuat

Alat bernama SICO itu bersifat sederhana, fungsional, namun murah, sehingga dapat dibuat oleh masyarakat luas.

Baca juga: Akademisi Unpad Kupas Ragam Obat Tradisional di Naskah Sunda Kuno

Setelah melalui beberapa tahap pembuatan, SICO akhirnya diluncurkan oleh Walikota Malang di Balaikota Malang pada Jumat (20/3/2020).

SICO yang dibuat 7 mahasiswa FT UB tersebut dengan dibimbing oleh dosen Teknik Mesin. Yakni Dr. Sugiarto ST. MT dan Dr. Eng. Eko Siswanto ST. MT.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.