Futurismo: Pikirkan Manufaktur, Jangan Hanya Software

Kompas.com - 21/03/2020, 16:39 WIB
Ilustrasi Manufaktur DOK. PIXABAYIlustrasi Manufaktur

“Research is an organized method for keeping you reasonably dissatisfied with what you have.” – Charles F. Kettering

KOMPAS.comEric Messerschmidt adalah direktur Pusat Kebudayaan Denmark di Beijing sudah hampir 20 tahun tinggal dan bekerja di China.

Salah satu resolusinya selama menetap di China adalah mencoba ‘demystifying China’, mengurai China dari kabut misterinya hingga tampak realita China yang apa adanya, yang sebenarnya.

Bukan hal yang mudah memang. Stereotype tentang China segelap dan semisterius sosok Godot dalam novel Samuel Beckett “Waiting for Godot”. Siapa Godot? Siapa China?

Tulisan ini menjadi sangat relevan setelah melihat China, yang sejak 23 Januari 2020 lalu menetapkan kota Wuhan di propinsi Hubei untuk lock down gegara wabah Corona, telah membuka dirinya kepada dunia bahwa ia pun sama rapuhnya dan tak kebal terhadap wabah penyakit.

Namun bukan itu yang membuat penduduk dunia terpukau, tapi bagaimana China bisa bergerak cepat sekelebat pukulan Huo Yuanjia, petarung Wushu legendaris kebanggaan Tiongkok yang gigih melawan musuh-musuh asing. (Semoga pembaca sudah pernah menonton film Fearless).

Dua rumah sakit khusus pasien wabah Corona dibangun tak lebih dari sebulan dengan total daya tampung hampir 3.000 tempat tidur, puluhan ruang ICU dan ruang isolasi.

Sekitar 7.500 pekerja dilibatkan dalam konstruksi itu. Berita yang resmi dirilis adalah satu rumah sakit dibangun hanya dalam 10 hari.

Bagaimana mungkin mereka membangun dua rumah sakit secepat itu?

Jawabannya: pre-fabricated modular units/segments (mari kita singkat saja dengan PFMU). Tidak perlu keahlian tehnik untuk memahami PFMU ini.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X