Belajar dari Rumah, Ayah dan Ibu Perlu Saling Mengerti dan Bekerja Sama Dampingi Anak

Kompas.com - 19/03/2020, 08:00 WIB
Ilustrasi. Orangtua mendampingi anak belajar. DOK. EDUTOREIlustrasi. Orangtua mendampingi anak belajar.

KOMPAS.com - Sejumlah daerah kini menerapkan belajar dari rumah dalam rangka penyebaran virus corona di lingkungan sekolah.

Kondisi tersebut membuat para orangtua harus menerapkan strategi untuk mendampingi anak belajar di rumah.

Untuk para orangtua yang juga bekerja dari rumah, tentunya akan semakin berat. Apalagi jika tak ada asisten rumah tangga yang bisa membantu untuk mengurus kegiatan di rumah.

Oleh karena itu, peran orangtua saat mendidik anak tentunya sangat penting dalam menentukan kesuksesan pembelajaran anak.

Kerja sama ayah dan ibu penting untuk dilakukan meskipun dalam kondisi nyata tak demikian mudah untuk dilakukan.

Psikolog anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, mengatakan, ayah dan ibu perlu memahami bahwa situasi sulit seperti mendampingi anak belajar sekaligus bekerja dari rumah. Ayah dan ibu perlu memahami kesulitan yang dihadapi masing-masing tanpa saling menyerang dan menyalahkan.

"Pahami bahwa semua butuh adaptasi dengan situasi yang tidak biasa ini," kata Vera dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Curhat Emak-emak di Depok soal Belajar dari Rumah, Sampai Bikin Stres

Menurut dia, ayah bisa berperan sama seperti ibu untuk mendampingi anak belajar. Ayah juga bisa menjadi fasilitator untuk anak saat belajar di rumah, seperti menyediakan camilan, membantu anak riset, atau mencari bahan belajar di internet terkait tugasnya.

"Untuk yang masih bisa meminta kerja sama sari sang ayah, cobalah bicara dari hati ke hati tentang kesulitan yang dihadapi, siapa tahu sang ayah menjadi lebih paham jika ibu menyampaikan kesulitannya," tambah Vera.

Menurut Vera, menceritakan kesulitan yang dihadapi saat mendampingi anak bukan berarti mengeluh, melainkan untuk mencari solusi atas masalah yang ditemui.

"Komunikasi yang terbuka, tidak saling mengharapkan satu sama lain bisa mengerti tanpa bicara," lanjut Vera.

Peran pendampingan anak sering kali hanya dilakukan oleh pihak ibu. Sekali lagi, peran ayah sangat dibutuhkan untuk bekerja sama untuk mendampingi anak belajar.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X