Belajar dari Rumah, Ini Tips Membuat Suasana Rumah Nyaman untuk Membaca

Kompas.com - 18/03/2020, 20:34 WIB
Ilustrasi anak membaca buku KOMPAS.com/ KURNIASIH BUDIIlustrasi anak membaca buku

KOMPAS.com - Sejumlah dinas pendidikan di daerah telah mengambil keputusan untuk meniadakan kegiatan belajar tatap muka dan memberlakukan kebijakan belajar dari rumah. Kebijakan tersebut diambil untuk mencegah penularan virus corona di lingkungan sekolah.

Saat belajar dari rumah, peran orangtua menjadi sangat penting. Apalagi banyak tugas dari sekolah salah satunya adalah membaca.

Menghabiskan waktu di rumah, orangtua bisa melakukannya dengan membaca. Namun, membaca tentu membutuhkan suasana yang nyaman.

Berikut tips-tips yang bisa dilakukan orangtua untuk membuat rumah nyaman menjadi tempat membaca seperti dikutip dari KidsHealth.org.

1. Kumpulkan jenis bacaan

Kumpulkan beragam jenis bacaan untuk bahan bacaan anak selama belajar dari rumah. Anak-anak jenjang anak usia dini menyukai buku alfabet dan buku bergambar. Anak-anak usia sekolah dasar menyukai fiksi, nonfiksi, dan puisi, plus kamus dan buku referensi lainnya.

Anak-anak dapat memahami cerita yang mungkin tidak dapat mereka baca sendiri. Jika buku yang lebih menantang menarik minat anak, bacalah bersama. Anak-anak yang lebih kecil dapat melihat ilustrasi di buku-buku dan mengajukan pertanyaan ketika mereka mengikuti.

Baca juga: Agar Anak Gemar Membaca, Lakukan Cara Asyik Membacakan Dongeng Ini

Orangtua bisa memanfaatkan majalah, buku audio, kartu pos, e-mail, album foto atau lembar memo, koran, buku komik, internet, permainan alfabet di komputer / tablet, huruf alfabet magnet, dan e-book.

2. Pastikan bacaan mudah dijangkau

Simpanlah buku-buku dan mainan edukasi lain di tempat yang mudah dijangkau seperti di samping kursi dan sofa. Dengan demikian, orangtua bisa dapat menjangkau buku dengan mudah begitu ingin membaca bersama anak.

Jika anak sudah masuk ke tingkat SD, simpanlah buku dan majalah yang bisa dengan mudah dijangkau oleh mereka. Orangtua bisa menyimpan di rak atau menyusunnya dengan teratur.

Tempatkanlah beberapa buku dengan sampul yang mudah dikenali. Letakkan keranjang penuh buku dan majalah di tempat favorit anak-anak duduk.

Buatlah tempat duduk yang nyaman, dan dorong anak-anak untuk mengatur waktu baca setiap hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X