Curhat Emak-emak di Depok soal Belajar dari Rumah, Sampai Bikin Stres

Kompas.com - 18/03/2020, 12:20 WIB
Ilustrasi anak belajar shutterstockIlustrasi anak belajar

KOMPAS.com - Belajar dari rumah imbas dari pencegahan penyebaran virus corona menyisakan masalah tersendiri bagi para orangtua. Dari gagap teknologi, kewalahan membagi waktu di rumah hingga stres menjadi momok bagi ibu.

Maria, ibu dari siswa SD di Depok mengatakan dirinya membimbing anaknya belajar jika tak mengerti mata pelajaran yang sedang dipelajari. Saat belajar dari rumah, anaknya diberikan tugas untuk membaca dan mengerjakan tugas.

Namun, ia merasakan belum mengerti untuk menggunakan teknologi pendidikan seperti Ruang Guru. Maria ingin menggunakan aplikasi Ruang Guru meskipun tak diminta oleh sekolah.

"Aku sih ingin pakai aplikasi Ruang Guru tapi belum tahu banget bagaimana cara pakainya," kata Maria saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Belajar dari Rumah, 5 Tips Penting untuk Orangtua

Pengalaman serupa dirasakan oleh Yani, ibu dari dua siswa SD di Depok. Ia pun sudah mengunduh Ruang Guru tetapi tak mengerti cara mengoperasikannya.

"Iya itu kebanyakan orangtua kurang paham untk mengoperasikan Ruang Guru," ujar Yani.

Yani memiliki dua anak yaitu kelas 1 dan 6. Ia kewalahan untuk mengurus anaknya lantaran anaknya lebih banyak bermain daripada belajar.

"Kadang kesibukan orang tua juga yang gak bisa selalu fokus bimbing anaknya belajar online di rumah," tambah Yani.

Dari sekolahnya, wali kelas memberikan pekerjaan rumah untuk anak didiknya. Yani harus bisa memastikan anaknya mengerjakan tugas yang diberikan oleh sekolahnya.

Ia berharap di tengah situasi libur sekolah karena corona, anak-anak sekolah bisa tetap fokus belajar seperti di sekolah. Baginya, kondisi belajar dari rumah merupakan pekerjaan rumah tambahan bagi para orangtua agar lebih fokus lagi mendampingi anak-anak belajar di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X