Belajar di Rumah, 2.500 "EBook" hingga 1.000 Video Belajar Digratiskan

Kompas.com - 17/03/2020, 08:56 WIB
Ilustrasi anak belajar coding untuk membuat games dan aplikasi sendiri. Dok. Coddy Apps AcademyIlustrasi anak belajar coding untuk membuat games dan aplikasi sendiri.

KOMPAS.com - Sejumlah aplikasi pendidikan membuka akses gratis untuk mendukung siswa belajar di rumah terkait wabah corona di Indonesia. Salah satunya Kipin School 4.0 yang menggratiskan akses buku elektronik, video pelajaran, hingga komik literasi.

"Untuk membantu jutaan anak sekolah yang harus belajar di rumah, maka Kipin School di gratiskan, aplikasi sekolah online ini juga memberikan ratusan komik pendidikan karakter yang luar biasa diminati oleh anak-anak Indonesia" kata CEO Pendidikan.id Santoso Suratso dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (17/3/2020).

Konten yang dapat diakses siswa di Kipin School antara lain 2.500 buku terbitan Kemendikbud mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Lalu, terdapat pula 1.000 video pembelajaran yang dibawakan oleh guru-guru di sekolah dengan lokasi kelas-kelas secara sesungguhnya.

"Jadi anak-anak dengan menonton video di app ini seolah seperti hadir sendiri di kelas," imbuh Santoso.

Baca juga: Sekolah Lawan Corona, Sekolahmu Sediakan Program Belajar Online Gratis

Selain untuk jenjang tersebut, ada menu yang diperuntukkan bagi siswa prasekolah, berisi 100 buku-buku yang menarik dan video-video pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan anak-anak

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menariknya, Kipin School dilengkapi dengan teknologi anotasi sehingga siswa bisa mencoret-coret di ebook seperti highlight kalimat yang dianggap penting.

Aplikasi juga dibekali kemampuan "download and go" yang bisa menghemat pulsa internet. Jadi, siswa cukup mengunduh ebook dan video, setelah itu bisa ditonton berkali-kali tanpa membutuhkan akses internet. Diharapkan dapat mempermudah siswa dalam belajar kapanpun.

Baca juga: 8 Link Pembelajaran Online Gratis untuk Isi Kegiatan Belajar di Rumah

Untuk siswa di jenjang prasekolah, tersedia 100 buku bacaan dan video pembelajaran yang telah disesuaikan dengan kemampuan anak Kelompok Belajar (KB) maupun Taman Kanak-kanak (TK).

Demi menambah kemampuan literasi anak sekaligus meningkatkan semangat membaca, buku bacaan tersebut dibuat dalam bentuk komik yang sebagian besar berisi tentang pendidikan budi pekerti, kesehatan dan sejarah.

Evaluasi hasil belajar dengan "tryout"

Usai mempelajari konten, siswa bisa mengevaluasi hasil belajar melalui puluhan ribu latihan soal sesuai mata pelajaran maupun per-bab. Lalu, nilai siswa akan muncul langsung di laman ujian.

Kipin School 4.0 berharap siswa bisa lebih mudah mendapatkan bahan materi pelajaran yang lengkap sesuai kurikulum yang dipakai di sekolah selama belajar di rumah. Sehingga "kerugian" akibat tidak adanya proses belajar tatap muka dengan guru akibat wabah virus corona bisa diminimalkan.

Aplikasi Kipin School 4.0 bisa diunduh gratis lewat smartphone dan tablet berbasis android dan iOS, termasuk untuk PC yang berbasis Windows 10.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X