Kompas.com - 14/03/2020, 14:58 WIB

KOMPAS.com - Meski sejumlah sekolah mulai menjalankan proses belajar mengajar di rumah terkait Kejadian Luar Biasa (KLB) Corona, namun pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2020 masih akan dilakukan sesuai jadwal dengan mengikuti protokol kesehatan.

Plt. Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, dan Perbukuan Totok Suprayitno Totok menyarankan agar sekolah menjalankan protokol kesehatan yang tertuang dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada satuan pendidikan.

Totok memastikan bahwa pelaksanaan UN tidak akan menyulitkan anak didik yang sakit. Terlebih sistem UNBK logistik menjadi lebih mudah, sehingga pelaksanaannya lebih fleksibel.

"Ujian susulan diperuntukkan untuk siswa yang tidak bisa ikut, misalnya karena sakit. Jangan sampai nanti anak yang sakit dipaksakan UN di ambulans sambil diinfus, lalu difoto viral, menunjukkan betapa seriusnya untuk UN. Masih ada waktu untuk perbaikan," jelas Totok.

Baca juga: Jelang UN 2020, Ini 8 Protokol Kemendikbud Antisipasi Virus Corona

Totok melanjutkan, jadwal UN Ulangan akan dilaksanakan seminggu setelah UN utama selesai dilakukan. Namun, Totok juga tak menampik bila kesembuhan penyakit tak bisa diprediksi, terlebih untuk kasus corona yang mengharuskan pasien diisolasi.

"Untuk kasus-kasus seperti itu tentu ada perlakuan khusus. Tetapi intinya negara melayani bagi siswa-siswa yang terpaksa, dengan alasan yang valid, yang bisa dipertanggungjawabkan, tidak bisa mengikuti ujian pada jadwalnya," tutur Totok.

Sementara itu, Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan Bambang Suryadi, mengatakan di tahun 2020 UN Ulangan tak hanya diperuntukkan bagi siswa SMA sederajat, namun juga bagi siswa SMP.

"Yang semula pesertanya hanya dibatasi siswa SMA dan SMK sederajat, mulai tahun 2020 UN Ulangan pesertanya diperlebar termasuk mereka dari siswa SMP MTs sederajat," terang Bambang.

Baca juga: Tahun Depan UN diganti Asesmen Kompetensi Minimum, ini Contoh Soalnya

Jadwal UNBK Susulan SMK

Selasa, 7 April 2020
Sesi 1: 07.30-09.30 Bahasa Indonesia
Sesi 2: 10.30-12.30 Matematika

Rabu, 8 April 2020
Sesi 1: 07.30-09.30 Bahasa Inggris
Sesi 2: 10.30-12.30 Teori Kejuruan

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.