Kompas.com - 13/03/2020, 09:00 WIB
Ilustrasi mesin otomatis hand sanitizer. SHUTTERSTOCK/KCKATE16Ilustrasi mesin otomatis hand sanitizer.

KOMPAS.com - Universitas Padjajaran (Unpad) melakukan sejumlah upaya sosialisasi untuk menindaklanjuti instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim tentang pencegahan dan penanganan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19) di lingkungan satuan pendidikan.

Upaya tersebut antara lain dengan melakukan sosialisasi kepada pengunjung yang datang ke Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor oleh Tim Medis Asy Syifaa Fakultas Kedokteran (FK) Unpad pada Kamis (12/03) siang.

Pada sosialisasi tersebut, Ketua Tim Medis Asy Syifa, Falah, menjelaskan bahwa ia bersama rekan-rekannya melakukan sosialisasi kepada para pengunjung Gedung Rektorat mulai dari pemeriksaan suhu tubuh dengan termometer inframerah, penggunaan hand sanitizer, sosialisasi gerakan mencuci tangan yang benar dan penyampaian informasi mengenai COVID -19.

“Kami melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada pengunjung yang memasuki lobi rektorat. Bila suhu tubuhnya normal akan diberi penjelasan tentang cara mencuci tangan yang benar dan pencegahan penyebaran COVID-19,” ujar Falah seperti dikutip dari website Universitas Padjajaran.

Sementara bagi yang suhu tubuhnya tinggi diatas 38,5 derajat celcius, akan dirujuk untuk melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

Selain itu, pengunjung juga tak disarankan untuk melanjutkan aktivitas di dalam kampus serta diminta membatasi interaksi dengan orang sekitarnya dan diberi masker.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami berharap dengan sosialisasi ini akan meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan kita semua, sehingga akan mengurangi penyebaran virus ini,” lanjutnya.

Baca juga: Unpad Ajak Peneliti Lintas Kampus Percepat Penelitian Kina untuk Corona

Dengan semakin merebaknya penyebaran COVID-19 ini, Unpad berharap seluruh pihak dapat bersikap waspada dan meningkatkan kebiasaan hidup sehat.

Selain sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran tersebut, Unpad juga telah menyediakan hand sanitizer di berbagai tempat di lingkungan kampus baik rektorat maupun fakultas.

Ada pula upaya penyebaran informasi terkait corona melalui media sosialisasi baik melalui media luar ruang seperti baligo, banner, poster di berbagai tempat dan e-poster melalui media sosial dan grup percakapan (WhatsApp Group dan Line Group).

Upaya tersebut juga dilakukan untuk memperkuat imbauan dari Rektor Unpad terkait kesiapsiagaan menghadapi infeksi COVID-19 di lingkungan Universitas Padjadjaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.