Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dosen FK UMM: Ini Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa

KOMPAS.com - Saat berbuka, ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh umat Muslim. Apa saja itu? Dosen Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dr. Fatimah Masyhur memberikan penjelasan.

Menurutnya, gorengan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia harus dihindari. Sebab, gorengan dapat menyebabkan gangguan dalam proses pemompaan darah.

Ia menjelaskan, gorengan mengandung banyak tepung dengan kalori tinggi dan minyaknya tidak baik untuk tubuh.

"Dampak buruknya bagi kesehatan, jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan memengaruhi sistem kerja tubuh kita, seperti kardiovaskuler atau pemompaan darah," ujarnya dikutip dari laman UMM, Selasa (28/3/2023).

Makanan yang harus dihindari saat buka puasa

Tak hanya itu saja, makanan lain yang harus dihindari saat berbuka puasa di bulan Ramadhan ialah makanan yang mengandung gula berlebih.

Selain itu makanan dengan kandungan lemak yang tinggi atau jenuh, serta makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi.

Menurutnya, menu yang seimbang dan mengandung cukup protein nabati dan hewani, sayur, buah, serta air putih sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Ia juga menjelaskan, protein merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, dan rambut.

Selain itu, protein juga berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, membantu menghasilkan enzim dan hormon, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Meski demikian, setiap orang membutuhkan protein yang berbeda-beda. Tergantung usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan.

Maka dari itu, sebaiknya masyarakat mengonsumsi protein dari berbagai jenis sumber, baik hewani maupun nabati dengan proporsi yang baik.

Tak hanya itu saja, beberapa orang yang memiliki penyakit tertentu harus menghindari makanan-makanan pantangan. Sebagai contoh, penderita asam urat sebaiknya menghindari makanan seperti anggur, udang, nanas, dan kacang-kacangan.

Sedangkan untuk orang yang menderita diabetes melitus, makanan yang mengandung glukosa yang tinggi harus dihindari. Demikian pula dengan fast food dan sejenisnya.

"Kita juga perlu menghindari makanan modern seperti fast food atau junk food saat berbuka karena mengandung karbohidrat tinggi yang dapat meningkatkan glukosa darah dengan cepat," jelasnya.

"Maka pilihan tepat untuk berbuka yakni karbohidrat, protein, sayur, dan buah sesuai porsinya. Begitupun dengan vitamin serta mineral," imbuh dia.

Hindari minuman berkafein

Sementara untuk pilihan menu minumannya, Fatimah mengimbau agar masyarakat menghindari minuman berkafein seperti teh dan kopi.

Kalaupun terpaksa dan tidak ada minuman lain, ia menyarankan untuk mengurangi porsi atau menyesuaikan waktu meminumnya saat buka puasa.

Sebab, ia menjelaskan bahwa kafein di dalam perut akan menimbulkan rasa tidak nyaman, terutama bagi penderita asam lambung.

"Terakhir, bagi orang-orang yang mengonsumsi obat rutin, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai cara mengonsumsi obat selama berpuasa. Meski berpuasa, kesehatan harus tetap diutamakan," jelasnya.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/04/01/130248471/dosen-fk-umm-ini-daftar-makanan-yang-harus-dihindari-saat-buka-puasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke