Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketentuan Portofolio untuk SNBT 2023 dan Panduan Mengunggah

Achmad syarief selaku perwakilan SNPMB mengatakan, siswa harus teliti dalam arahan untuk dokumen portofolio. Portofolio wajib dicantumkan dan harus sesuai dengan format yang telah diberikan di website SNPMB.

"Siswa yang tidak lolos SNBP boleh menggunakan portofolio yang sama saat yang digunakan pada SNBP untuk pendaftaran SNBT," tuturnya dalam acara Sosialisasi SNBT melalui Youtube, Selasa (21/3/2023) lalu.

Portofolio harus menggunakan file dan template yang sudah disediakan bukan buatan sendiri, bila memakai buatan sendiri portofolio tidak akan dinilai dan di diskualifikasi dalam penilaian.

Portofolio wajib dicantumkan jika mendaftar jurusan yang berhubungan dengan seni atau olahraga, tetapi siswa juga harus memastikan kembali ke Prodi Perguruan Tinggi yang dituju apakah jurusan yang dituju membutuhkan portofolio.

Beda dari tahun 2022

Untuk portofolio SNBT 2023 memiliki perbedaan dengan tahun sebelumnya. Jika pada SBMPTN 2022 ada 10 kelompok portofolio, maka untuk SNBT 2023 kali ini memiliki 11 kelompok portofolio. Kelompok portofolio yang ditambahkan adalah SenDraTaSik.

Berikut adalah 11 kelompok portofolio yang dirangkum melalui website SNPMB.

Ketentuan Khusus

1. Peserta wajib mengunggah 1 (satu) jenis portofolio sesuai ketentuan program studi/jurusan di PTN dipilihnya.

2. Jika peserta memilih 2 (dua) program studi/jurusan yang berbeda dalam bidang Seni dan Olahraga, maka peserta wajib mengunggah 1 jenis portofolio untuk setiap pilihan program studi/jurusan sesuai dengan ketentuan kelompok portofolio yang tercantum.

  • Contoh: Peserta memilih prodi/jurusan olahraga (pilihan 1) dan film-televisi (pilihan 2), maka peserta wajib mengunggah 2 (dua) jenis portofolio berbeda, yaitu portofolio Olahraga (untuk pilihan 1) dan portofolio film-televisi (untuk pilihan 2).

3. Data keterampilan motorik wajib diisi oleh guru Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan (PJOK) di sekolah masing-masing. Jika sekiranya tidak terdapat guru PJOK, pengisian data keterampilan motorik untuk portofolio olahraga dapat dilakukan oleh kepala sekolah tempat siswa menempuh pendidikan SMA/SMK/MAN-nya. Data keterampilan motorik wajib diisi secara lengkap dan ditandatangani oleh guru PJOK atau Kepala Sekolah.

4. Data raihan prestasi bidang olahraga diisi dengan prestasi peserta dalam cabang olahraga yang relevan dengan program studi/jurusan pilihannya. Jika peserta memiliki beragam raihan prestasi, yang dicantumkan adalah maksimal 3 (tiga) raihan prestasi yang dianggap terbaik.

5. Data kesehatan untuk portofolio olahraga wajib diisi dan ditandatangani oleh tenaga kesehatan serta diberi stempel institusi fasilitas kesehatan yang melakukan pemeriksaan.

6. Surat pernyataan peserta keaslian pembuatan karya /penampilan dalam dokumen portofolio wajib diisi dan ditandatangani oleh setiap peserta di atas 1 (satu) buah materai Rp10.000,00 atau 2 (dua) buah materai Rp6.000,00.

Itulah ketentuan portofolio SNBT 2023 apabila memilih jurusan yang berkaitan dengan seni, olahraga, ataupun jurusan terkait yang membutuhkan portofolio.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/03/30/101130671/ketentuan-portofolio-untuk-snbt-2023-dan-panduan-mengunggah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke