Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perpani DKI Jakarta dan Pasaraya Blok M Gelar Lomba Panahan bagi Pelajar

KOMPAS.com - Olahraga panahan makin digemari para pelajar. Bahkan beberapa sekolah telah menyediakan olahraga panahan sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler.

Sejak 2015, panahan tak lagi menjadi olahraga eksklusif. Anak muda, orang dewasa, hingga kaum perempuan mulai menggemari panahan.

Untuk memfasilitasi bakat para siswa terhadap olahraga panahan, Persatuan Panah Indonesia (Perpani) DKI Jakarta dan Pasaraya Blok M pun menggelar kompetisi panahan Pasaraya Indoor Archery Competition (PIAC) 2023 di lantai LG Gedung B Pasaraya Blok M, Jakarta, Sabtu (25/2/2023) hingga Minggu (27/2/2023).

Ketua Panitia PIAC 2023 Risqi Amrulloh menerangkan, kompetisi PIAC 2023 merupakan ajang bagi para pemanah usia dini dan menengah untuk pamer kemampuan mereka dalam mencapai akurasi.

Ada 7 kategori lomba panahan

Risqi menjelaskan, kompetisi panahan yang diadakan kali ini juga terbilang unik. Berbeda dengan pertandingan panahan pada umumnya yang digelar di luar ruangan atau outdoor, PIAC justru diadakan di area indoor.

"Tantangan panahan yang dilakukan secara indoor tentu berbeda bila dilakukan di area outdoor," ujar Risqi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (3/3/2023).

Risqi mengungkapkan, dalam kompetisi ini terdapat tujuh kategori perlombaan pada ajang PIAC 2023, yakni:

1. Standar Nasional Sekolah Dasar (SD) 5 meter (m)

2. Standar Nasional SD 10 m

3. Standar Nasional Sekolah Menengah Pertama (SMP) 15 m

4. Standar Nasional Umum 18 m.

5.Kategori Barebow Umum 18 m

6. Recurve Umum 18 m

7. Compound Umum 18 m.

Diikuti 400 peserta

Risqi menambahkan, peserta yang berpartisipasi pada kompetisi PIAC 2023 mencapai 400 peserta.

Para peserta tidak hanya berasal dari sekolah di sekitar Jakarta, peserta juga datang dari Solo, Lampung, dan Makassar.

"Peserta PIAC 2023 mulai dari level SD terbagi menjadi dua kelompok, yakni kelas 1 sampai 3, serta kelas 4 sampai 6. Selain itu, ada pula level SMP dan umum ataupun dewasa. Mereka bertanding untuk memperebutkan 49 medali emas dan trofi juara umum," ungkap Risqi.

Kompetisi PIAC 2023, lanjut Risqi, merupakan ajang bagi para pemanah usia dini dan menengah untuk pamer kemampuan mereka dalam mencapai akurasi.

Lahirkan pemanah hebat di masa depan

Risqi menuturkan, area indoor Pasaraya Blok M sengaja dipilih karena sejumlah alasan. Selain menghadirkan kompetisi panahan yang lebih menantang, Pasaraya Blok M merupakan tempat yang nyaman untuk peserta dan pengunjung.

Di area kompetisi, terdapat pujasera Dapur Raya. Baik peserta, anggota delegasi, maupun pengunjung dapat menikmati ragam kuliner di sana sembari menonton pertandingan.

"Kompetisi PIAC 2023 diharapkan dapat melahirkan pemanah-pemanah hebat di masa depan yang bisa mengharumkan nama Bangsa Indonesia," tandas Risqi.

Untuk diketahui, Pasaraya Blok M merupakan salah satu pusat perbelanjaan kenamaan di Indonesia yang telah lama hadir dengan konsep department store khas Indonesia. Berbagai produk berciri khas Indonesia tersedia di sana, mulai dari batik, handicraft, hingga fesyen muslim.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/03/03/172450671/perpani-dki-jakarta-dan-pasaraya-blok-m-gelar-lomba-panahan-bagi-pelajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke