Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Jurusan Kuliah IPA Sedikit Peminat tetapi Berprospek Cerah

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang lebih tertarik ke bidang Saintek, ada jurusan kuliah IPA yang jarang diminati.

Meski jarang diminati, namun jurusan kuliah ini juga punya prospek kerja tak kalah bagus.

Calon mahasiswa yang berencana mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023, bisa menjadikan jurusan kuliah IPA yang jarang diminati ini sebagai pilihan.

Melansir dari laman Grid, Kamis (2/3/2023) mengulas jurusan kuliah IPA yang jarang diminati bisa dijadikan referensi saat mendaftar SNBT 2023.

7 Jurusan kuliah IPA sedikit peminat

1. Jurusan Fisika

Jurusan Fisika menjadi salah satu jurusan kuliah IPA yang jarang diminati. Mungkin hanya sedikit calon mahasiswa yang menyukai bidang Fisika sebagai jurusan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Meski jarang diminati, namun jurusan Fisika punya peluang kerja yang cukup luas. Yakni di bidang telekomunikasi dan migas, BMKG, atau LIPI. Kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan Fisika terbaik adalah Institut Teknologi Bandung (ITB).

2. Jurusan Astronomi

Jurusan kuliah IPA selanjutnya yang juga jarang diminati adalah jurusan Astronomi. Jurusan Astronomi hanya terdapat di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Astronomi menjadi salah satu ilmu eksakta tertua yang fokusnya mempelajari tentang alam semesta dan benda-benda langit.

Dibutuhkan kemampuan dan minat yang kuat dalam matematika dan fisika untuk menempuh program studi ini.

Profesi yang dapat ditekuni setelah lulus ialah peneliti berbagai lembaga-lembaga penelitian, misalnya Observatorium Bosscha, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.

3. Jurusan Oseanografi

Jurusan kuliah IPA lainnya yang jarang diminati adalah jurusan Oseanografi. Mahasiswa yang memilih jurusan Oseanografi mempelajari berbagai aspek yang berhubungan dengan kelautan, seperti organisme laut, geologi di dasar laut, arus samudra, gelombang, dan ekosistem laut.

Para lulusan jurusan ini dapat berkecimpung dalam profesi peneliti ruang angkasa dan atmosfer, pengajar, konsultan reservasi lingkungan, dan lain-lain.

4. Ilmu Kehutanan

Lulusan dari jurusan ini dapat menekuni profesi yang berhubungan dengan industri perkayuan, pemetaan hutan, serta pada badan-badan pelestarian dan konservasi alam.

Meski jarang diminati, namun lulusan jurusan Kehutanan dapat bekerja sebagai pegawai negeri sipil di instansi pemerintahan, seperti di lingkungan Kementerian Kehutanan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Pendidikan.

5. Jurusan Agroekoteknologi

Jurusan kuliah IPA yang jarang diminati namun punya peluang dapat gaji tinggi adalah Agroekoteknologi yang berada di bawah naungan Fakultas Pertanian.

Prospek kerja jurusan Agroekoteknologi bisa menjadi manajer pertanian dan peternakan atau juga peneliti tanah dan tumbuhan.

6. Jurusan Biokimia

Jurusan ini adalah campuran dari Biologi dan Kimia dan punya peluang karier yang cukup luas. Lulusan Biokimia dapat bekerja sebagai ahli biologi molekul dan sel, tenaga riset bioinformatika, atau menjadi ahli biokimia dan biofisika.

7. Jurusan Teknologi Hasil Perikanan

Jurusan kuliah IPA yang jarang diminati selanjutnya adalah jurusan Teknologi Hasil Perikanan, Meski jarang diminati namun ilmu yang diperoleh mahasiswa jurusan ini banyak dibutuhkan.

Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan belajar untuk menerapkan teknologi modern dalam sektor perikanan agar memberikan manfaat yang lebih optimal.

Setelah lulus, kamu dapat memilih berbagai profesi untuk meniti karier, baik di perusahaan swasta atau sebagai staf pada instansi pemerintah, seperti Kemenristek serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Demikian 8 jurusan kuliah IPA yang jarang diminati sebagai referensi mendaftar SNBT 2023. Calon mahasiswa yang berencana memilih jurusan di kelompok IPA bisa menjadikan salah satu dari jurusan ini sebagai pilihan saat mendaftar SNBT 2023.

Namun, pastikan kamu memilih jurusan kuliah sesuai bakat dan minat yang dimiliki.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/03/02/143000571/7-jurusan-kuliah-ipa-sedikit-peminat-tetapi-berprospek-cerah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke