Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sah, Prodi Pendidikan Dasar Program Magister UT Raih Akreditasi A

KOMPAS.com - Program Studi Pendidikan Dasar pada Program Magister Universitas Terbuka (UT) mendapatkan Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Akreditasi A prodi Pendidikan Dasar Program Magister UT disahkan melalui SK Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 553/SK/BAN-PT/Ak/M/II/2023 untuk periode 22 Februari 2023 sampai dengan 22 Februari 2028.

Melalui rilis resmi (24/2/2023), Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Prof. Ucu Rahayu mengungkapkan rasa syukur atas diraihan Akreditasi A Prodi Magister Pendidikan Dasar (MPDr).

Prof. Ucu Rahayu menilai, akreditasi A ini merupakan penghargaan BAN PT atas kerja keras perbaikan kualitas berkelanjutan yang dilakukan UT umumnya dan Program Magister Pendidikan Dasar khususnya, baik terkait baik terkait dengan proses maupun mutu lulusan.

“Kami, UT khususnya FKIP dan Program Pascasarjana (PPs) bersyukur atas diraihnya akreditasi A untuk prodi Magister Pendidikan Dasar,” ungkap Prof. Ucu Rahayu.

Dekan FKIP UT juga menyampaikan, upaya perolehan akreditasi A ini tidaklah mudah.

Prodi MPDr terus menerus melakukan perbaikan, perbaikan berkelanjutan (continues improvement) di berbagai aspek, baik itu pada aspek tata pamong, akademik (kurikulum, proses pembelajaran, kegiatan penelitian dan abdimas), kemahasiswaan, sarana prasarana, dan lainnya.

“Dengan diraihnya Akreditasi A oleh Prodi MPDr, harapannya akan membuka jalan perolehan akreditasi unggul bagi Prodi-Prodi lain di PPs. Dan dengan akreditasi A ini, MPDr siap bekerja sama dengan international bachalaurate untuk menghasilkan lulusan terstandar internasional,” tambah Prof. Ucu Rahayu.

Prof. Ucu Rahayu juga menyampaikan, FKIP juga telah mendapatkan akreditasi A pada Prodi PGPAUD, PGSD, dan Pendidikan Matematika.

Dalam kesempatan sama, Ketua Program Studi MPDr, Amalia Sapriati mengatakan, “hasil tersebut diperoleh atas kerja sama, partisipasi, dan dukungan, serta doa seluruh civitas Universitas Terbuka."

"Mulai dari dukungan dari Prof. Ojat Darojat, M. Bus., Ph.D. selaku Rektor Universitas Terbuka, Dekanat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UT, pendampingan penuh dari Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP-UT), para Kepala Pusat di UT dan jajarannya," tambahnya.

Ketua Program Studi MPDr juga memberikan apresiasi atas bantuan para kepala UPBJJ dan jajaran, Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi, dosen-dosen UT baik di UT Pusat maupun di UPBJJ, dan seluruh tim task force MPDr-PPs UT.

Perbaikan mutu berkelanjutan


Wakil Rektor Bidang Akademik Mohamad Yunus menyatakan, perolehan akreditasi A merupakan harapan dan sekaligus apresiasi atas kerja keras Program Magister Pendidikan Dasar.

"Namun demikian, perbaikan mutu berkelanjutan hendaknya menjadin kultur kualitas bagi semua pihak. Ada atau tidak ada akreditasi, continuous improvemet, terobosan, dan berbagai inovasi harus terus dilakukan agar program studi memiliki keunggulan dan mampu melahirkan kebanggaan bagi mahasiswa, masyarakat, dan para pemangku kepentingan lain," pesannya.

Tak lupa, Yunus pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran terlibat: Siti Julaeha (Kepala Pusat Pengelolaan dan Penyelenggaraan Program Pascasarjana pada Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan), Prof. Ucu Rahayu (Dekan FKIP), Amalia Sapriati (Ketua Prodi MPDr)

Warek Bidang Akademik UT juga menyampaikan apresiasi kepada pimpinan dan staf Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP), para tutor, para mahasiswa, dan alumni, serta semua pihak yang telah berkontribusi atas diperolehnya Akreditasi A oleh Prodi Pendidikan Dasar pada Program Magister-UT tersebut.

“Alhamdulillah. Selamat atas capaian akreditasi Prodi MPDR UT yang luar biasa. Terimakasih atas kontribusi semua pihak yang telah membantu. Semoga berkah,” ungkap Rektor UT Prof. Ojat Darojat.

Prof. Ojat menyampaikan, capaian perolehan akreditasi di awal tahun 2023 ini sangat membanggakan dan kepada seluruh prodi dan sivitas akademika pendukungnya agar lebih meningkatkan kualitas di segala aspek proses pembelajaran, serta terus melakukan evaluasi diri dalam peningkatan mutu menuju Universitas Terbuka yang berjaya.

"Dengan kualitas akademik yang terpercaya, diharapkan UT makin diminati oleh masyarakat Indonesia dan menjadi pilihan utama untuk melanjutkan studi," tutup Rektor UT.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/02/24/200255471/sah-prodi-pendidikan-dasar-program-magister-ut-raih-akreditasi-a

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke