Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

RSUI Masuk Daftar Rumah Sakit Pendidikan Terbaik di Dunia

KOMPAS.com - Dua Rumah Sakit Pendidikan bagi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), yakni Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr. Cipto Mangunkusumo dan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) masuk dalam World’s Top Academic Health Centres (AMC) versi Brand Finance tahun 2023.

Sebagai Rumah Sakit Pendidikan terbaik di dunia, RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo menempati posisi ke-36, sedangkan RSUI masuk dalam peringkat 101–250.

Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI, Amelita Lusia mengatakan, UI merasa bangga bahwa di usia UI yang ke-73 tahun, rumah sakit yang ada di UI diapresiasi di level dunia, masuk dalam global top 250 hospital di dunia.

Semoga makin banyak kontribusi yang dapat diberikan UI bagi masyarakat,” ujar Amelita, Kamis (9/2/2023).

Tujuan dari pemeringkatan ini adalah memahami secara holistik apa yang membuat pusat medis akademik top dunia menjadi unggul di bidangnya.

Sementara itu, indikator penilaian pemeringkatan ini didasarkan pada kategori perawatan pasien, penelitian, dan pengajaran, serta awareness dan familiarity, baik secara lokal maupun global.

Brand Finance melakukan wawancara dengan pemangku kepentingan Pusat Medis Akademik atau Academic Medical Centres (AMC) di seluruh dunia untuk memahami faktor mana yang menentukan pusat medis akademis yang paling kuat.

Chairman & CEO Brand Finance, David Haigh dalam rilis yang dikeluarkan mengatakan, membangun brand yang kuat merupakan tantangan unik bagi Academic Medical Centres karena struktur AMC yang menawarkan perawatan pasien, penelitian medis, dan pendidikan perlu dipertimbangkan oleh berbagai pemangku kepentingan.

“Tahun ini, Brand Finance telah melakukan studi baru tentang kekuatan brand AMC top dunia, serta menggabungkan semua faktor yang mencerminkan pengembangan merek AMC, persepsi pemangku kepentingan utama, dan manfaat yang diberikan brand yang kuat bagi organisasi,” ujarnya dilansir dari laman UI.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/02/09/114246471/rsui-masuk-daftar-rumah-sakit-pendidikan-terbaik-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke