Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rektor Rina: Lulusan Unpad Punya Bekal Siap Hadapi Tantangan

KOMPAS.com - Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Rina Indiastuti melantik 1.363 wisudawan pada Upacara Wisuda Lulusan Gelombang II Tahun Akademik 2022/2023.

Wisuda dilaksanakan dalam dua sesi yang digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Selasa (7/2/2023) dan Rabu (8/2/2023).

Dalam pidatonya Rektor mengingatkan bahwa momentum wisuda ini bukan berarti selesainya proses pembelajaran.

Dunia di luar kampus merupakan sekolah yang sebenarnya, yaitu tempat menguji kemampuan dan ilmu pengetahuan lulusan dalam situasi sebenarnya.

"Anda akan terjun ke masyarakat di era Post-Covid dengan berbagai keunikan dan kebiasaan barunya," ucap dia dalam keterangannya di laman Unpad.

Oleh karena itu, situasi yang ada di hadapan lulusan Unpad bukan hal sederhana.

Namun, Rektor meyakini dengan bekal yang diperoleh ketika perkuliahan, lulusan Unpad dapat menghadapi berbagai tantangan dan merealisasikan berbagai peluang untuk mencapai cita-cita yang diinginkan.

Di hadapan para wisudawan, Rektor mengharapkan lulusan Unpad dapat menjelma menjadi talenta berkualitas.

Talenta yang dimaksud adalah lulusan Unpad dapat menjelma menjadi manusia yang adaptif, lincah, mampu membaca peluang dengan kreatif, mampu menghadapi tantangan, dan optimistis sekaligus mampu menularkan optimisme kepada orang lain.

"Itulah yang kami sebut sebagai talenta berkualitas dan unggul, yang kelak mampu berprestasi, produktif, dan berkontribusi pada kemaslahatan umat, dari mulai keluarga hingga masyarakat luas," tutur Rektor Unpad.

Rektor Rina pun menegaskan, alumni merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keluarga besar Unpad.

Dia merupakan aset universitas. Alumni yang mampu menunjukkan peran dan manfaat bagi bangsa dan negara sangat penting bagi perkembangan Unpad.

Selain menjadi ukuran keberhasilan diri seorang, alumni, hal itu juga menjadi pembuktian bahwa kualitas pembelajaran Unpad mampu meningkatkan daya saing lulusan.

Untuk itu, kompetensi personal dan kompetensi sosial penciri lulusan berdaya saing perlu dipupuk terus agar karier lulusan Unpad di luar kampus terus meningkat.

Di sinilah pentingnya memberlakukan konsep pembelajaran sepanjang hayat atau lifelong learning.

Dalam mendukung konsep pembelajaran sepanjang hayat, Unpad fasilitasi lulusan yang masih ingin belajar dengan menyediakan berbagai kesempatan pelatihan dan pengajaran terbuka untuk umum melalui fasilitas hibrid dan daring, seperti pembelajaran MOOC Unpad Luhung, perpustakaan elektronik, serta komunitas yang tergabung dalam Ikatan Alumni Unpad.

"Silakan setelah ini Anda masih terus menjalin interaksi dengan Universitas Padjadjaran," jelas Rektor Rina.

Selain itu, Unpad juga membutuhkan umpan balik dan dukungan alumni untuk kemajuan universitas. Baik melalui tracer study, kesempatan untuk kembali ke kampus berbagi pengalaman dan ilmu dengan para mahasiswa, hingga membuka kontribusi alumni melalui dana abadi (endowment fund).

"Endowment fund ini adalah salah satu cara alumni Unpad untuk turut berperan aktif berkontribusi membawa Unpad menjadi institusi yang bermanfaat dan mendunia," tukas Rektor Prof. Rina.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/02/07/114720371/rektor-rina-lulusan-unpad-punya-bekal-siap-hadapi-tantangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke