Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kerja Host Live Streaming Punya Gaji Tinggi, Intip Jurusan Kuliahnya

KOMPAS.com - Bisnis online yang makin beragam, ternyata membuat penjualan makin pesat. Apalagi jika barang yang dijual melalui live streaming, justru makin disukai masyarakat.

Karena itu muncul profesi baru yakni host live streaming. Tak sekedar berbicara, tapi pekerjaan ini justru harus dimiliki orang yang punya skill.

Sebab, seorang host live streaming ini adalah mereka yang melakukan dan memandu aktivitas live streaming, termasuk untuk live streaming sales.

Karena bisa menaikkan jumlah pembelian barang, banyak toko dan perusahaan mencari talent host live streaming untuk berjualan.

Salah satu host live streaming TikTok Shop, Nana Rudiana mengatakan seorang host live streaming tak ubahnya, seperti marketer pada umumnya.

Hanya saja mereka berjualan di pasar online melalui platform live streaming sales.

Seorang host streamer biasanya bertugas untuk menjelaskan detail tentang informasi produk yang mereka jual kepada para viewer yang sedang menyaksikan siarannya tersebut.

Ia juga bertugas untuk memberikan review tentang produk tersebut.

“Jadi, sama dengan sales, hanya memang beda media yang digunakan saja. Untuk host streaming mereka menggunakan platform digital live streaming sales,” kata Nana yang merupakan alumni Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran, SMK Wikrama Bogor, Jawa Barat ini dilansir dari laman Vokasi Kemdikbud.

Menurut Nana yang juga mengajar kelas live streaming shop di SMK Wikrama, saat ini profesi sebagai host live streaming ini cukup banyak dicari oleh berbagai perusahaan.

Tidak hanya industri besar, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga banyak mencari host live streaming ini.

"Banyak sekali klien-klien kami memang minta dicarikan orang atau anak magang untuk menjadi host streamer untuk industrinya atau untuk online shop mereka," kata Nana.

Seorang host live streaming harus aktif dan memiliki kemampuan berbicara yang baik.

Mereka juga harus percaya diri serta kreatif sehingga sesi live streaming sales yang dipandunya menjadi lebih hidup dan tidak membosankan.

Mereka juga harus bisa mengemas pesan-pesan tentang produk mereka secara menarik dan mengomunikasikannya kepada para viewer mereka.

“Jadi, mereka harus punya ciri khas karena itu yang akan menjadi daya tarik mereka dan terpenting mereka juga harus betul-betul memahami apa yang akan mereka pasarkan,” kata Nana.

Lalu apa jurusan yang cocok untuk menjadi host live streaming? 

Untuk menjadi seorang host streamer selain dari Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran, lulusan Jurusan Komunikasi juga bisa memiliki peluang untuk menjajal profesi ini.

Soal gaji, menurut Nana, gaji seorang host live streaming cukup bervariasi dan bergantung dari banyak faktor, seperti jam terbang.

Selain mendapatkan gaji, seorang host streamer juga mendapatkan bonus tambahan ketika berhasil mencapai target penjualan dari perusahaan atau online shop yang menggunakan jasa mereka. Menarik bukan?

https://www.kompas.com/edu/read/2023/01/31/202635171/kerja-host-live-streaming-punya-gaji-tinggi-intip-jurusan-kuliahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke