Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beasiswa LPDP 2023 Tak Hanya Beri Kuliah Gratis, Cek Tunjangan Lainnya

KOMPAS.com - Salah satu faktor yang membuat beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) banyak diminati adalah tunjangan yang diberikan beasiswa ini. Kabar baiknya, beasiswa LPDP 2023 kini sedang membuka pendaftaran.

Selain pembiayaan penuh dan bisa kuliah gratis, LPDP 2023 juga menanggung sejumlah komponen pembiayaan lain.

Melansir dari laman resmi LPDP, Rabu (25/1/2023) berikut komponen pembiayaan yang bisa diperoleh awardee LPDP 2023.

Apa saja komponen biaya yang diberikan beasiswa LPDP 2023?

1. Dana Pendidikan

  • Dana Pendaftaran
  • Dana SPP/Tuition Fee/Uang Kuliah Tunggal
  • Dana Tunjangan Buku
  • Dana Penelitian Tesis/Disertasi
  • Dana Seminar Internasional
  • Dana Publikasi Jurnal Internasional

2. Dana Pendukung

Melansir dari laman Kursus Bahasa Inggris untuk Study Abroad Titik Nol English, berikut rincian untuk masing-masing komponen yang diberikan beasiswa LPDP 2023. Namun, besar dana ini bisa berubah sesuai ketentuan LPDP. Untuk informasi resmi dapat dilihat langsung melalui ketentuan beasiswa LPDP 2023.

1. Dana Hidup Bulanan (Living Allowance)

Dana hidup bulanan diberikan berdasarkan wilayah universitasnya masing-masing. Dana ini akan diberikan setiap bulan selama awardee LPDP menempuh studi.

Dalam Negeri:

  • Jakarta, Surabaya, Bandung, Makassar: Rp 4.000.000
  • Kota lain di Indonesia: Rp 3.600.000

Luar Negeri:

2. Dana Kedatangan (Settlement Allowance)

Salah satu komponen pembiayaan yang diberikan beasiswa LPDP 2023 adalah dana kedatangan. Dana ini diberikan pada awal masa studi secara lumpsum (sekaligus) dengan besaran 2 bulan nominal Dana Hidup Bulanan di lokasi tujuan studi.

3. Dana Penelitian

Komponen pembiayaan LPDP 2023 untuk dana penelitian tesis dalam negeri berkisar Rp 15 juta hingga Rp 75 juta.

4. Dana Publikasi Internasional

Sedangkan komponen pembiayaan LPDP 2023 untuk dana bantuan publikasi jurnal internasional adalah sebagai berikut.

  • Jurnal Internasional Kategori Q1 Rp 25.000.000.
  • Jurnal Internasional Kategori Q2 Rp 15.000.000

5. Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan beasiswa LPDP dapat berupa biaya UKT, pendaftaran, uang saku, tunjangan penelitian maupun pendaftaran. Biasanya, jumlah uang yang diterima oleh penerima beasiswa disesuaikan dengan uang pendaftaran yang dikeluarkan dengan memberikan bukti pembayaran.

Awardee beasiswa LPDP tidak perlu khawatir perihal biaya UKT karena dari pihak LPDP akan melakukan transfer kepada pihak kampus. 

6. Tunjangan

Para penerima beasiswa LPDP juga diberikan tunjangan buku setiap satu tahun sekali dengan kisaran Rp 10 juta. Apabila kamu berkuliah S2 selama 2 tahun. Maka tunjangan buku yang kamu terima 2 x 10 juta atau sebesar Rp 20 juta.

Tunjangan penelitian ini bisa diberikan kepada awardee LPDP saat mengerjakan disertasi maupun tesis. Jumlahnya sangat beragam dan berbeda dari tiap-tiap individu tergantung pada jumlah dana yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas akhir.

7. Biaya Pendukung

Kebutuhan biaya pendukung juga difasilitasi oleh pihak LPDP terdiri atas transportasi pulang dan pergi studi yang berasal domisili ke perguruan tinggi yang dituju.

Uang Saku biaya pendukung resident permit, living allowance, visa, asuransi kesehatan dasar dan kebutuhan lainnya yang telah disetujui LPDP. Sementara itu, tunjangan untuk family allowance maupun tunjangan untuk wisuda telah dihapus.

8. Transportasi PP

Pihak LPDP memberikan transportasi keberangkatan maupun kepulangan studi yang berasal dari domisili menuju perguruan tinggi tujuan diberikan satu kali dan satu kali saat pulang ke kampung halaman saat menyelesaikan studi.

Transportasi yang dimaksud ialah pesawat terbang dan tidak dapat tergantikan dengan jenis transportasi lain seperti bus maupun kereta api. 

Demikian informasi mengenai komponen pembiayaan yang diberikan beasiswa LPDP 2023 kepada peserta yang lolos. Banyaknya benefit yang diperoleh dari beasiswa LPDP 2023 juga membuat beasiswa ini menjadi salah satu beasiswa dengan uang saku cukup besar.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/01/25/113644071/beasiswa-lpdp-2023-tak-hanya-beri-kuliah-gratis-cek-tunjangan-lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke