Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

SMA Citra Kasih CitraGarden Gelar Coaching Clinic Basket

KOMPAS.com - SMA Citra Kasih CitraGarden (SCK CG) menggelar Basketball Coaching Clinic bersama Adhi Pratama Prasetyo Putra, mantan pebasket nasional dari tim Pelita Jaya Bakrie dan Vamiga Michel, mantan pebasket nasional dari tim Satria Muda Pertamina.

Kegiatan yang diselenggarakan Sabtu, 14 Januari 2023 bertempat di gedung SMP-SMA Citra 5 dibuka langsung oleh Kepala SMA Citra Kasih, Widyaningsih.

Coaching Clinic diselenggarakan bersamaan dengan bazar berbagai produk kuliner dan tanaman serta berbagai kompetisi antara lain dance competition, e-sports competition, serta basketball contest untuk pelajar SMP-SMA.

Kegiatan yang juga dihadiri siswa dari sekolah-sekolah lain ini diharapkan meningkatkan teknik, kemampuan dasar permainan basket, memberikan penguatan dan pengondisian tubuh pada sejumlah peserta didik yang secara rutin mengikuti ekstrakurikuler basket serta telah bergabung pada sejumlah klub basket.

Kegiatan awal dibuka dengan pertandingan persahabatan antara SMA Citra Kasih melawan SMAN 15 Kota Tangerang.

Selanjutnya coaching clinic untuk pelajar SD dipandu mantan pebasket profesional dan beberapa pelatih di antaranya Samual B. Pasolang, Head Coach Porprov Kab. Tangerang 2022 sekaligus perwakilan Perbasi DKI serta Valentiono Yulius, Assisten Coach Porprov Kab. Tangerang 2022 sekaligus pelatih tim basket SMA Citra Kasih, beserta jajaran pelatih berpengalaman yang lain.

“Semoga sesi latihan ini memunculkan motivasi, melatih mental, dan peserta dapat mengambil pembelajaran dari pemain profesional, sehingga memberikan dampak yang baik dan positif untuk kem ajuan pemain Sekolah Citra Kasih serta seluruh pelajar yang hadir” ujar Valentino Yulius.

Selanjutnya diselenggarakan sesi Meet and Greet yang dihadiri Adhi Pratama dan Vamiga Michel. Pada kesempatan ini para peserta mendengar pengalaman terkait kehidupan seorang atlet basket mulai dari usia remaja dan perjalanan karir sehingga dapat benar-benar menjadi seorang atlet basket profesional.

“Pebasket muda hari ini sebetulnya mendapatkan kesempatan lebih luas untuk menunjukan kebolehannya dan melaju pada level profesional, syaratnya harus rutin latihan setiap hari, banyak melihat referensi dari permainan pemain profesional, dan tetap bertanggung jawab dengan tugas sebagai pelajar” ujar Adhi Pratama.

Peserta coaching clinic dari pelajar SMP-SMA sangat antusias mengikuti arahan dari Adhi Pratama dan Vamiga Michel yang membagi lapangan menjadi dua ring. Adhi Pratama memberikan porsi latihan post play untuk posisi 4 dan 5 di antaranya shooting, drive, jab step, spin, dan scanning.

Sementara itu Vamiga Michel memberikan porsi latihan pada teknik ball handling dan finishing kombinasi driblle antara lain v-drible, in out dribble, crossover, between the legs, behind the back dilanjutkan dengan lay up, perimeter shoot, dan floater.

Kompetisi dance yang diselenggarakan setelahnya juga berlangsung meriah. Muncul sebagai juara yakni tim dance SMAK Kalam Kudus 2, SMP Kristen Tiara Kasih, dan tim gabungan SMP Citra Kasih, SMP Dian Harapan serta SMP Bina Kusuma.

Pada kompetisi e-sports SMA Gandhi Ancol muncul sebagi pemenang, selanjutnya SMP Citra Kasih, dan SMAN 12 Kabupaten Tangerang. Mereka akan melanjutkan kompetisi pada babak nasional bersama para pemenang dari Sekolah Citra Kasih-Sekolah Citra Berkat di beberapa provinsi yang lain.

Kepala SMA Citra Kasih, Widyaningsih menyampaikan pesan di  akhir acara, “Peserta didik semoga dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk senantiasa membuka diri dan terus mengembangkan minat bakat khususnya dalam bidang basket."

https://www.kompas.com/edu/read/2023/01/15/212357771/sma-citra-kasih-citragarden-gelar-coaching-clinic-basket

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke