Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketua Pelaksana SNPMB Beri Tips Registrasi Akun SNPMB untuk SNBP 2023

KOMPAS.com - Tahapan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 memasuki babak registrasi akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Akun SNPMB ini perlu dimiliki siswa yang ingin mendaftar di SNBP 2023 maupun Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT).

Tim SNPMB Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) juga telah mempersiapkan segala sesuatu agar semua tahapan pelaksanaan SNPMB baik SNBP maupun UTBK SNBT berjalan lancar.

Ketua Pelaksana Eksekutif Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Prof Budi P Widyobroto membagikan beberapa tips agar tahapan registrasi akun SNPMB berjalan lancar.

Tips registrasi akun SNPMB dari Prof. Budi

Prof. Budi mengatakan, bagi sekolah dan siswa yang sudah mengikuti ujicoba tahap kedua atau tahap lanjutan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu dan berhasil maka tidak perlu membuat akun SNPMB lagi.

"Baik sekolah maupun siswa perlu mempersiapkan data-data yang melekat pada sekolah atau siswa agar lebih lancar selama proses pembuatan akun," papar Prof. Budi kepada Kompas.com, Senin (9/1/2023).

Prof. Budi menekankan, karena tahapan registrasi akun SNPMB ini dilakukan secara online, maka sekolah dan siswa perlu memilih koneksi yang baik agar lancar.

"Kalau lambat bisa dari server SNPMB atau koneksi akses. Inshaa Allah server SNPMB kapasitasnya besar," ungkap Prof. Budi.

Namun meskipun tim SNPMB 2023 sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk mengantisipasi kendala teknis di lapangan, sebesar apapun server yang telah disiapkan namun apabila diakses oleh puluhan ribu dalam waktu bersamaan maka akan tetap ada masalah.

"Makanya lebih baik antisipasi tidak semua akses di jam-jam awal pembukaan," ungkap Prof. Budi.

Disinggung kendala yang sering dialami siswa saat registrasi akun SNPMB, Prof. Budi berharap tahun ini lebih lancar dan tidak ada kendala berarti.

Apabila berkaca pada kendala registrasi akun SNPMB atau dulu disebut registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), biasanya siswa gagal dalam registrasi akun karena salah mengunggah foto. Atau foto yang diunggah tidak sesuai ketentuan.

Prof. Budi berpesan bagi sekolah dan siswa yang mengikuti SNPMB 2023 baik di jalur SNBP maupun UTBK SNBT 2023.

Bagi sekolah dan siswa yang sudah berhasil membuat akun pada ujicoba kedua atau lanjutan tidak perlu buat akun lagi.

Selain itu, Prof. Budi juga berpesan bagi sekolah maupun siswa segera membuat akun setelah pembukaan, kalau lambat akses, bisa memilih waktu sore atau malam hari.

"Tolong diingat alamat email yang dipakai nanti untuk melakukan pendaftaran," pungkas Prof. Budi.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/01/09/123300171/ketua-pelaksana-snpmb-beri-tips-registrasi-akun-snpmb-untuk-snbp-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke