Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nadiem: Guru dan Kepsek Ujung Tombak Transformasi Merdeka Belajar

KOMPAS.com - Awal tahun 2023, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim mengunjungi Provinsi Sulawesi Utara untuk meninjau transformasi pendidikan di Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa.

Saat mengunjungi SMP Lokon St. Nikolaus, Tomohon, Nadiem berdialog dengan 170 pemangku kepentingan Program Guru Penggerak (PGP), Sekolah Penggerak, dan Program Organisasi Penggerak (POP) yang berasal dari Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa.

Saat berdialog, dia mengaku ujung tombak transformasi pendidikan melalui Merdeka Belajar sepenuhnya berada pada guru dan kepala sekolah.

"Ujung tombak perubahan semuanya ada di tangan Bapak/Ibu bukan di tangan pemerintah, tapi di masing-masing sekolah," ucap dia di SMP Lokon St. Nikalaus, Tomohon, pada Jumat (6/1/2023).

Dia mengatakan, tujuan dari Program Guru Penggerak adalah menjadikan guru sebagai pemimpin transformasi pendidikan.

"Kami (Kemendikbud Ristek) memilih guru-guru penggerak hebat, kepala sekolah penggerak, organisasi penggerak, karena anda berani berinovatif, idealis, dan selalu memprioritaskan murid," jelas dia.

Untuk itu, lanjut Menteri Nadiem, guru penggerak tidak akan bermakna besar bagi daerah, jika para kepala daerah tidak mengangkat mereka menjadi kepala sekolah atau pengawas.

Menurut dia, guru-guru penggerak ini mampu memberikan perubahan besar bagi dunia pendidikan.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Mendikbud Ristek Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.

"Ini adalah hak bagi setiap guru penggerak untuk menjadi kepala sekolah maupun pengawas. Kita berikan mereka posisi sebagai pemimpin supaya bisa membuktikan dan mendorong gerakan transformasi pendidikan," jelas dia.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa, Tommy Wuwungan berkomitmen akan memberikan masukan kepada kepala daerahnya untuk mengangkat guru penggerak menjadi kepala sekolah dan pengawas.

"Jika regulasi guru penggerak sebagai pengawas terbit tahun ini, kami akan mengakat 60 guru penggerak jadi pengawas. Ini bentuk komitmen kami mendukung Merdeka Belajar," tutur dia.

Anggota Komisi X DPR, Adriana Charlotte Dondokambey mengapresiasi inovasi-inovasi yang diluncurkan Kemendikbud Ristek melalui kebijakan Merdeka Belajar.

"Merdeka Belajar ini bagus dan pantas dilaksanakan di era milenial ini. Merdeka Belajar adalah solusi bagi pendidikan untuk menuju perubahan yang lebih baik," tukas Adriana.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/01/06/130011171/nadiem-guru-dan-kepsek-ujung-tombak-transformasi-merdeka-belajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke