Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Biaya Hidup Mahasiswa di Surabaya dan Malang? Ini Kisarannya

KOMPAS.com - Setiap tahun, ribuan mahasiswa dari banyak daerah mendatangi Surabaya dan Malang untuk kuliah.

Ada banyak pilihan perguruan tinggi menjadi salah satu alasan. Termasuk biaya hidup yang relatif terjangkau, terutama di sekitar kampus.

Kuliah di luar kota seperti Surabaya dan Malang, membuat mahasiswa perlu merinci biaya hidup, transportasi, sewa tempat tinggal atau kost selama sebulan, bahkan setahun.

Sebab, memilih kuliah di luar kota, tidak cukup hanya memikirkan biaya kuliah saja, namun ada komponen biaya hidup yang juga menyertai.

Lalu, berapa biaya hidup bagi mahasiswa di Surabaya dan Malang?

Berikut kisaran biaya hidup bagi mahasiswa yang merantau ke Malang dan Surabaya untuk kuliah:

1. Surabaya

Sebagai ibu kota provinsi Jawa Timur, Surabaya dinilai memiliki biaya hidup yang lumayan tinggi.

Biaya hidup di Surabaya yang perlu diperhitungkan mahasiswa adalah biaya kos dan makan.

Untuk biaya kos, berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 3 juta per bulan. Biaya ini bisa berbeda, tergantung pilihan tempat kost, yakni kost dengan kamar mandi luar, kamar mandi dalam kamar, dan sewa apartemen.

Sementara itu, dilansir dari laman Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB Unair), untuk biaya makan perbulan bisa mencapai Rp 400.000 hingga diatas Rp 1 juta tergantung makanan yang dipilih.

Mahasiswa bisa menyiasati dengan masak sendiri untuk menekan biaya makan. Atau memilih membeli makan di kantin kampus.

Sementara biaya lain, misalnya biaya transport berkisar antara Rp 75.000 hingga sekitar Rp 150.000. Jika menggunakan kendaraan pribadi, selain mengalokasikan biaya bensin jangan lupa menyisihkan biaya parkir. Bisa saja dalam sehari kamu mengeluarkan uang parkir di atas Rp 10.000.

Lalu, biaya foto copy dan beli kertas antara Rp 75.000 hingga Rp 100.000, biaya peralatan mandi dan cuci pakaian sekitar Rp 150.000, pulsa internet atau modem antara Rp 100.000 hingga Rp 300.000.

Mahasiswa perlu mengalokasikan biaya hiburan, untuk digunakan saat berwisata atau alokasi biaya untuk kebutuhan sekunder. Misalnya, membeli baju yang disuka, membeli model sepatu terbaru, tas terbaru, yang belum dibutuhkan saat itu. Misalnya, sekitar Rp 200.000 hingga 1 juta.

Surabaya sendiri memiliki banyak PTN seperti Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Negeri Surabaya (Unesa) hingga Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Ada juga PTS seperti Universitas Pelita Harapan, Ubaya, Universitas Muhammadiyah Surabaya dan masih banyak lagi.

2. Malang

Malang menjadi salah satu kota menawarkan biaya hidup saat kuliah yang terjangkau buat mahasiswa.

Biaya kos, makan, sampai transportasi di Malang sebetulnya tak terlalu jauh dari biaya yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa di Surabaya. Namun, dinilai masih lebih rendah.

Pasalnya, masih ada beberapa spot makanan yang lebih murah bisa ditemukan di Kota Malang.

Untuk biaya kost, dilansir dari laman Universitas Ma Chung, harga kos mahasiswa sangat bergantung pada lokasi dan jenis tempat tinggal yang dipilih.

Semakin dekat kampus dan fasilitas penunjang lainnya seperti rumah makan, laundry, tempat foto copy, biasanya harganya juga semakin mahal.

Jika mahasiswa memilih kontrak rumah, maka biayanya berkisar antara Rp 10 juta hingga 30 jutaan per tahun, tergantung jumlah kamar dan fasilitas yang menyertai.

Untuk biaya kos, antara Rp 350.000 hingga 2,5 juta per bulan tergantung fasilitas. Semakin lengkap fasilitas kos, semakin mahal biaya kosnya.

Jika ingin hemat, banyak kos sekitar kampus yang menawarkan fasilitas bersama. Misalnya, sharing kamar mandi bersama, akses dapur dan ruang tv bersama.

Ada juga kos yang diisi sekamar berdua, jadi biaya kos bisa ditekan lebih banyak. Ada beberapa kost yang juga meminta pembayaran lebih kalau kalian membawa kendaraan berjenis mobil.

Untuk biaya makan, masih ada warung yang menawarkan makan lauk plus nasi sekitar Rp 10.000. Ditambah minuman, hanya Rp 12.000 hingga Rp 15.000

Dengan kata lain, per bulan kamu perlu menyisihkan biaya makan antara Rp 400.000 hingga sekitar Rp 1 juta, tergantung harga makanan harian.

Untuk biaya transportasi, sisihkan antara Rp 100.000 hingga 200.000. Selain ojek online, ada angkot yang bisa kamu pilih.

Bahkan, banyak kampus yang lokasinya berdekatan dengan mall, swalayan, gedung serbaguna dan lokasi lain yang bisa dijangkau dengan jalan kaki.

Untuk wifi, beberapa wilayah ada yang menggratiskan wifi untuk warga, tempat umum hingga kos pun banyak yang menyediakan wifi gratis.

Untuk pilihan kampus, ada Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN).

Untuk PTS, ada Universitas Islam Malang (Unisma), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Merdeka (Unmer), Binus, dan masih banyak lagi.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/01/03/080000271/berapa-biaya-hidup-mahasiswa-di-surabaya-dan-malang-ini-kisarannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke