Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resolusi Tahun Baru bagi Pelajar dan Mahasiswa

KOMPAS.com - Tak terasa sudah berada di penghujung tahun 2022. Memasuki tahun baru 2023 tidak hanya membawa semangat baru bagi pelajar maupun mahasiswa, tapi juga perlu memiliki resolusi yang harus diwujudkan.

Resolusi adalah sebuah janji pada diri sendiri atau sebuah keputusan untuk melalui sesuatu.Terutama untuk memperbaiki perilaku atau gaya hidup.

Bagi pelajar dan mahasiswa, ada beberapa resolusi tahun baru yang mungkin bisa menginspirasimu. Resolusi ini penting agar selama tahun 2023 kamu punya sebuah target dan berusaha mewujudkan target tersebut.

Melansir dari laman Aku Pintar, Sabtu (31/12/2022) berikut beberapa resolusi tahun baru yang bisa dicontoh baik bagi pelajar maupun mahasiswa.

Resolusi tahun baru bagi pelajar dan mahasiswa

1. Berusaha hidup lebih sehat

Resolusi tahun baru yang bisa diterapkan pelajar dan mahasiswa adalah berusaha hidup lebih sehat.

Kamu bisa memulainya dengan hal-hal sederhana. Seperti menjaga pola makan agar tidak sembarangan, melakukan kegiatan fisik dan berolahraga rutin.

Jika tubuhmu selalu dalam kondisi sehat, tentunya kamu tidak akan mengalami kendala selama masuk sekolah atau kuliah.

2. Jangan menunda-nunda mengerjakan tugas

Meski terlihat sepele, namun menunda-nunda sesuatu ini menjadi kebiasaan yang buruk. Agar bisa lebih disiplin khususnya dalam mengerjakan tugas, kamu bisa membuat papan agenda yang digantung di tempat yang mudah terlihat.

Tuliskan segala sesuatu yang harus kamu kerjakan di dalam papan agenda tersebut. Seperti tugas, PR (pekerjaan rumah), janji dengan seseorang dan lain sebagainya.

Saat melihat daftar tersebut, akan terus diingatkan bahwa ada sesuatu yang harus dikerjakan. Begitu ada waktu luang, kerjakan satu demi satu isi daftar yang sudah dibuat dan jangan menundanya.

Kamu bisa mengurangi durasi main game atau melihat-lihat akun sosial media (sosmed) dan fokus mengerjakan satu per satu daftar yang ada di papan agenda tersebut.

3. Berlatih hidup hemat dan menabung

Resolusi tahun baru berikutnya yang bisa dicontoh pelajar dan mahasiswa adalah hidup hemat dan rajin menabung. Meski masih berstatus siswa atau mahasiswa yang tinggal bersama orangtua, namun belajar berhemat dan menabung akan sangat membantumu di masa depan.

Karena kamu sudah terbiasa mengelola keuangan dan memiliki "dana darurat" yang bisa kamu gunakan sewaktu-waktu tanpa harus meminta kepada orangtuamu.

Bahkan kamu bisa menambah uang sakumu dengan menjual barang di online shop, membuat blog.  Kamu juga bisa bekerja part time jobs.

Jika kamu mempunyai follower banyak di sosmed bisa juga menerima endorsement hingga membuat vlog.

Meski kamu ingin menambah uang saku dengan melakukan kegiatan lain di luar kegiatan sekolah atau kampus, jangan lupakan bahwa tugas utamamu adalah belajar.

4. Menjadi pribadi yang berprestasi

Punya tujuan menjadi juara umum boleh-boleh saja. Meski prestasi akademik selama ini tergolong biasa-biasa saja, bukan berarti kamu tidak bisa berprestasi.

Kamu bisa berlatih lebih percaya diri, belajar skill baru, bergabung di ekstrakurikuler atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baru, atau belajar bahasa asing baru juga termasuk cara berprestasi yang bisa dilakukan siswa maupun mahasiswa.

Cara berprestasi lainnya bisa kamu tempuh dengan tidak harus mengikuti remedial karena nilai yang jelek. Bisa mendapatkan nilai atau IP bagus, atau bahkan mungkin bisa lolos beasiswa.

Demikian 4 resolusi tahun baru yang bisa diterapkan siswa dan mahasiswa di tahun baru 2023. Resolusi tahun baru ini diharapkan tidak hanya diterapkan beberapa bulan saja, kamu juga perlu konsisten agar semua resolusi ini juga menjadi kebiasaan baru bagi kalian.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/31/082332971/resolusi-tahun-baru-bagi-pelajar-dan-mahasiswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke