Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Universitas di Timur Tengah yang Buka Beasiswa S1-S3

KOMPAS.com – Timur Tengah merupakan salah satu wilayah yang menjadi incaran calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan tinggi setiap tahunnya.

Di wilayah tersebut banyak kampus bergengsi yang menawarkan program studi menarik termasuk fasilitas pendidikan terbaik dan berteknologi canggih.

Namun, biaya kuliah di Timur Tengah memang cukup tinggi. Banyak mahasiswa yang mencari beasiswa dari berbagai institusi. Oleh karena itu, kamu dapat mencari peluang pendanaan kuliah dengan program beasiswa yang ditawarkan kepada pelajar internasional.

Melansir laman Top Universities, ada beberapa universitas Timur Tengah yang membuka peluang beasiswa kepada mahasiswa internasional yang patut kamu coba.

5 Rekomendasi beasiswa dari universitas di Timur Tengah

1. Effat University Scholarships

Beasiswa ini diberikan oleh Universitas Effat, Saudi Arabia untuk pelajar internasional, termasuk Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang S3 dan program penelitian.

Melansir laman resminya, penerima beasiswa akan diberikan pendanaan pada semua bidang mata kuliah yang dipilih dan gratis biaya pendaftaran di semester reguler dan musim panas.

Ketentuan umum penerima beasiswa yakni mampu mempertahankan nilai rata-rata kumulatif (IPK) yang ditentukan dalam kontrak beasiswa, apabila ada mahasiswa yang mengundurkan diri, maka kebijakan pengembalian uang akan diterapkan pada biaya kuliah yang dibayarkan dan siswa wajib membayar denda sesuai dengan jadwal yang ditentukan dalam kontrak beasiswa.

Informasi lengkapnya, dapat dilihat di laman: https://www.effatuniversity.edu.sa/English/Admissions/Scholarships-and-Financial-Aid-Program/Pages/Scholarships.aspx

2. Khalifa University Teaching Assistant Scholarships

Khalifa University membuka program beasiswa bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di Khalifa University, Abu Dhabi.

Untuk program Graduate Research/Teaching Scholarship, mahasiswa yang boleh mendaftar adalah mahasiswa yang tidak berkewarganegaraan Uni Emirat Arab. 

Cakupan beasiswa yakni pembebasan biaya kuliah, uang saku bulanan, asuransi kesehatan, akomodasi di asrama universitas, biaya transportasi, dan bantuan dana untuk menghadiri konferensi penelitian internasional

Untuk informasi lebih lanjut di laman: https://www.ku.ac.ae/scholarships

3. Muscat University Entrance Scholarships

Beasiswa ini diberikan oleh Universitas Muscat, Oman yang terbuka untuk semua negara, termasuk Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang S1 dan S2.

Melansir laman resminya, beasiswa ini memberikan manfaat berupa keringanan biaya kuliah bagi penerima beasiswa yakni 25 persen untuk program S1 dan 15 sampai 20 persen untuk S2.

Sebagai syarat umum penerima beasiswa yakni mereka yang digolongkan sebagai siswa yang membiayai sendiri untuk keperluan biaya kuliahnya atau tidak menerima beasiswa dari pihak lain.

Selain itu, mereka juga harus diterima terlebih dahulu untuk kuliah di Universitas Muscat sesuai ketentuan yang berlaku.

Untuk informasi lebih lanjut di laman: https://muscatuniversity.edu.om/scholarships/

4. Qatar University Scholarships

Universitas Qatar menawarkan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi akademis yang mendaftar ke program sarjana dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Kampus ini merupakan universitas terbesar dan tertua di Qatar. Kerennya lagi, Qatar University meraih peringkat TOP 250 universitas terbaik di dunia versi QS Global World rankings 2021.

Cakupan beasiswa berupa biaya kuliah penuh, penyediaan akomodasi universitas, pembebasan biaya buku, dan tiket pesawat PP.

Ketentuan umum calon penerima beasiswa yakni harus memiliki ijazah SMA atau sederajat dan sudah diterima sebagai mahasiswa di Universitas Qatar.

Beasiswa juga harus dimanfaatkan mulai dari semester pertama dan jika siswa tidak lulus semester pertamanya, beasiswa akan dihentikan. Sementara itu, pemohon tidak boleh mendapatkan manfaat dari beasiswa dan sponsor  lain secara bersamaan.

Untuk informasi lebih lanjut di laman: www.qu.edu.qa/students/admission/scholarships/types

5. Ozyegin University Scholarships

Universitas Ozyegin yang terletak di Turki memberikan beasiswa kepada mahasiswa internasional yang memiliki prestasi akademik, termasuk Indonesia untuk menimba ilmu di Universitas Ozyegin jenjang S1 dan S2.

Perlu diketahui bahwa beasiswa yang diberikan dalam bentuk keringanan pembayaran biaya kuliah sebesar 25 persen dan tidak berlaku untuk biaya lainnya (biaya seragam, biaya pelatihan, dan sebagainya).

Selain itu, beasiswa juga diberikan pada setiap semester di musim gugur dan musim semi setiap tahunnya.

Sebagai syarat umum, calon penerima beasiswa harus terdaftar mengambil program S1 atau S2 di Universitas Ozyegin pada musim gugur dan musim semi, juga tidak boleh cuti selama menjalankan studi. Mereka juga harus memiliki IPK minimal 2,50 pada musim gugur dan musim semi.

Pada akhir musim semi, mereka harus mampu memperoleh nilai rata-rata IPK minimal 3,00 dan tidak pernah melanggar aturan selama menjalani kuliah di Universitas Ozyegin.

Untuk informasi lebih lanjut di laman: https://www.ozyegin.edu.tr/en/student-services/scholarships-and-financial-support/undergraduate-academic-merit-scholarships

https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/30/110000971/5-universitas-di-timur-tengah-yang-buka-beasiswa-s1-s3

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke